PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGGA PINTAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1 SD NEGERI 49/VI SUNGAI HITAM 1
Abstract
Matematika adalah ilmu pengetahuan yang membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis, kreatif, kritis, sistematis serta kemampuan dalam bekerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran tangga pintar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Reseach & Develoment). Peneliti menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Jenis data yang akan diambil pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi, angket praktikalitas dan instrument efektifitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Adapun hasil validitas media pembelajaran tangga pintar yang dinilai validator yang berjumlah 3 orang , menunjukkan bahwa media pembelajaran tangga pintar memperoleh persentase 84,5% dengan kategori sangat valid, media pembelajaran tangga pintar layak untuk digunakan dan sesuai dengan ketentuan SD Negeri 49/V1 sungai hitam 1. Praktikalitas yang dinilai dari angket respon guru dan angket respon siswa terhadap media pembelajaran tangga pintar memperoleh persentase sebagai berikut: angket respon guru 97,3% dengan kategori sangat praktis, angket respon siswa 93,3% dengan kategori sangat praktis, maka berdasarkan analisis dari angket respon guru dan angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tangga pintar sangat praktis untuk pembelajaran penjumlahan dan pengurangan di kelas 1 SD Negeri 49/V1 sungai hitam 1. Efektivitas yang dinilai dari hasil soal tes memperoleh persentase 82,4% dengan kategori sangat efektiv sehingga dapat dikatakan dengan menggunakan media pembelajaran tangga pintar mampu mencapai tujuan pembelajaran.
Abstract
Matematika adalah ilmu pengetahuan yang membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis, kreatif, kritis, sistematis serta kemampuan dalam bekerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran tangga pintar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Reseach & Develoment). Peneliti menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Jenis data yang akan diambil pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi, angket praktikalitas dan instrument efektifitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Adapun hasil validitas media pembelajaran tangga pintar yang dinilai validator yang berjumlah 3 orang , menunjukkan bahwa media pembelajaran tangga pintar memperoleh persentase 84,5% dengan kategori sangat valid, media pembelajaran tangga pintar layak untuk digunakan dan sesuai dengan ketentuan SD Negeri 49/V1 sungai hitam 1. Praktikalitas yang dinilai dari angket respon guru dan angket respon siswa terhadap media pembelajaran tangga pintar memperoleh persentase sebagai berikut: angket respon guru 97,3% dengan kategori sangat praktis, angket respon siswa 93,3% dengan kategori sangat praktis, maka berdasarkan analisis dari angket respon guru dan angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tangga pintar sangat praktis untuk pembelajaran penjumlahan dan pengurangan di kelas 1 SD Negeri 49/V1 sungai hitam 1. Efektivitas yang dinilai dari hasil soal tes memperoleh persentase 82,4% dengan kategori sangat efektiv sehingga dapat dikatakan dengan menggunakan media pembelajaran tangga pintar mampu mencapai tujuan pembelajaran.