PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT PADA TEMA 3 SUBTEMA KELAS V SDN 04 KOTO BARU
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tema 3 makanan sehat subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh dalam pembelajaran pendidik hanya menggunakan media gambar dan LKPD, akan tetapi pembelajaran belum maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti berupaya mengembangkan video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi capcut kelas V SDN 04 Koto Baru yang bertujuan untuk menghasilkan video animasi pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yaitu menggunakan model ADDIE yang terdiri dari, Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi), subjek uji coba adalah peserta didik kelas V SDN 04 Koto Baru. Instrumen penelitian berupa lembar velidasi, praktikalitas dan efektifitas. Instrumen penilaian ini di validitas oleh tiga validator, validator materi, validator bahasa dan validator media, kemudian lembar praktikalitas video animasi pembelajaran ditentukan oleh praktisi. Serta efektifitas video animasi pembelajaran ditentukan dari hasil belajar peserta didik kelas V SDN 04 Koto Baru. Hasil penilaian validasi video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi capcut pada uji validasi oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata 84,95% termasuk kategori sangat valid artinya video animasi pembelajaran sudah sesui dengan kelayakan materi, kelayakan bahasa, dan media. Uji praktikalitas dengan skor rata-rata 92,90% dikategorikan sangat praktis artinya video animasi pembelajaran sudah dapat digunakan dengan mudah untuk proses pembelajaran, sedangkan hasil efrektivitas video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi capcut pada tema 3 subtema 2 kelas V dengan skor rata-rata 80% dikategorikan sangat efektif artinya video animasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajaran peserta didik.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tema 3 makanan sehat subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh dalam pembelajaran pendidik hanya menggunakan media gambar dan LKPD, akan tetapi pembelajaran belum maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti berupaya mengembangkan video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi capcut kelas V SDN 04 Koto Baru yang bertujuan untuk menghasilkan video animasi pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yaitu menggunakan model ADDIE yang terdiri dari, Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi), subjek uji coba adalah peserta didik kelas V SDN 04 Koto Baru. Instrumen penelitian berupa lembar velidasi, praktikalitas dan efektifitas. Instrumen penilaian ini di validitas oleh tiga validator, validator materi, validator bahasa dan validator media, kemudian lembar praktikalitas video animasi pembelajaran ditentukan oleh praktisi. Serta efektifitas video animasi pembelajaran ditentukan dari hasil belajar peserta didik kelas V SDN 04 Koto Baru. Hasil penilaian validasi video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi capcut pada uji validasi oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata 84,95% termasuk kategori sangat valid artinya video animasi pembelajaran sudah sesui dengan kelayakan materi, kelayakan bahasa, dan media. Uji praktikalitas dengan skor rata-rata 92,90% dikategorikan sangat praktis artinya video animasi pembelajaran sudah dapat digunakan dengan mudah untuk proses pembelajaran, sedangkan hasil efrektivitas video animasi pembelajaran menggunakan aplikasi capcut pada tema 3 subtema 2 kelas V dengan skor rata-rata 80% dikategorikan sangat efektif artinya video animasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajaran peserta didik.