PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTU BOOK CREATOR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-Modul pembelajaran Pendidikan Pancasila khususnya, guna menambah bahan ajar yang ada di sekolah dan menghasilkan pengembangan E-Modul di kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 14 Koto Baru. Model yang digunakan yaitu pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analysis) yaitu analisis materi, analisis kebutuhan peserta didik dan analisis karakteristik peserta didik. Tahap perancangan (design) meliputi perancangan terhadap bahan ajar E-Modul yaitu rancangan instrumen dan rancangan kerangka. Tahap pengembangan (development) yaitu tahap pengembangan dilakukannya uji validitas oleh ahli. Tahap implementasi (implementation) yaitu tahap uji coba praktikalitas dan tahap evaluasi (evaluation) yaitu tahap evaluasi dilakukan uji efektivitas dilakukan di SDN 14 Koto Baru. Hasil penilaian validasi E-Modul pembelajaran Pendidikan Pancasila pada uji validitas oleh tiga orang ahli mendapatkan skor rata-rata 84% termasuk dalam kategori sangat valid, artinya E-Modul Pendidikan Pancasila sudah sesuai dengan isi, kelayakan konstruk dan komponen bahasa, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 87,5% dikategorikan sangat praktis, artinya E-Modul sudah dapat digunakan dengan mudah dalam proses pembelajaran, sedangkan hasil efektivitas E-Modul pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan skor rata-rata 87,5% dikategorikan sangat efektif, artinya E-Modul dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-Modul pembelajaran Pendidikan Pancasila khususnya, guna menambah bahan ajar yang ada di sekolah dan menghasilkan pengembangan E-Modul di kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 14 Koto Baru. Model yang digunakan yaitu pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analysis) yaitu analisis materi, analisis kebutuhan peserta didik dan analisis karakteristik peserta didik. Tahap perancangan (design) meliputi perancangan terhadap bahan ajar E-Modul yaitu rancangan instrumen dan rancangan kerangka. Tahap pengembangan (development) yaitu tahap pengembangan dilakukannya uji validitas oleh ahli. Tahap implementasi (implementation) yaitu tahap uji coba praktikalitas dan tahap evaluasi (evaluation) yaitu tahap evaluasi dilakukan uji efektivitas dilakukan di SDN 14 Koto Baru. Hasil penilaian validasi E-Modul pembelajaran Pendidikan Pancasila pada uji validitas oleh tiga orang ahli mendapatkan skor rata-rata 84% termasuk dalam kategori sangat valid, artinya E-Modul Pendidikan Pancasila sudah sesuai dengan isi, kelayakan konstruk dan komponen bahasa, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 87,5% dikategorikan sangat praktis, artinya E-Modul sudah dapat digunakan dengan mudah dalam proses pembelajaran, sedangkan hasil efektivitas E-Modul pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan skor rata-rata 87,5% dikategorikan sangat efektif, artinya E-Modul dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.