PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATEMATIKA MATERI LUAS MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA

  • Sonia Yulia Friska Universitas Dharmas Indonesia
  • Lika Apreasta Universitas Dharmas Indonesia
  • Airin Airin Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami pembelajaran matematika pada materi luas. kesulitan peserta didik dalam memahami pembelajaran tersebut disebabkan karena belum tersedianya media pembelajaran yang lebih menarik untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan usaha dalam mengembangakan usaha salam mengembangkan media pembelajaran  yang berupa media Video Animasi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk yang berupa media pembelajaran video animasi Matematika materi luas Menggunakan aplikasi canva kelas IV sekolah dasar dalam kurikulum merdeka yang  valid, Praktis dan efektif. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development. Model pengembangan Video Animasi ini menggunakan model pengembangan ADDEI yang terdiri dari tahap Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development),  Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil pengembangan bahan ajar video animasi dinyatakan sangat valid, berdasarkan hasil yang diperoleh dari validator diperoleh dengan rata-rata 95,55% dengan kategori sangat valid, hasil praktikalitas dengan rata-rata 95,34 dengan kategori sangat Praktis dan untuk hasil efektifitas ketuntasan hasil peserta didik dengan rata-rata 93,44% dikategorikan sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video animasi yang dibuat ini sudah sangat valid, praktis dan efektif untuk digunakan pendidik dalam belajar mengajar.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami pembelajaran matematika pada materi luas. kesulitan peserta didik dalam memahami pembelajaran tersebut disebabkan karena belum tersedianya media pembelajaran yang lebih menarik untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan usaha dalam mengembangakan usaha salam mengembangkan media pembelajaran  yang berupa media Video Animasi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk yang berupa media pembelajaran video animasi Matematika materi luas Menggunakan aplikasi canva kelas IV sekolah dasar dalam kurikulum merdeka yang  valid, Praktis dan efektif. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development. Model pengembangan Video Animasi ini menggunakan model pengembangan ADDEI yang terdiri dari tahap Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development),  Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil pengembangan bahan ajar video animasi dinyatakan sangat valid, berdasarkan hasil yang diperoleh dari validator diperoleh dengan rata-rata 95,55% dengan kategori sangat valid, hasil praktikalitas dengan rata-rata 95,34 dengan kategori sangat Praktis dan untuk hasil efektifitas ketuntasan hasil peserta didik dengan rata-rata 93,44% dikategorikan sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video animasi yang dibuat ini sudah sangat valid, praktis dan efektif untuk digunakan pendidik dalam belajar mengajar.

Published
2023-08-02
How to Cite
FRISKA, Sonia Yulia; APREASTA, Lika; AIRIN, Airin. PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATEMATIKA MATERI LUAS MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 206-2016, aug. 2023. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/3232>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v3i1.3232.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.