PEGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS COMIC LIFE PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI DIKELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk
memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak
mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pada penelitian ini, penulis
tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran Comic life. Penelitian menggunakan
Research and Develepment yang memiliki lima harapan, yakni: Analisis Desain,
Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Jenis data yang diambil pada penelitian ini yaitu
jenis data kualitatif dan kuantitatif. Pengembanngan instrumen yang digunakan yaitu lembar
observasi, wawancara. Validitas, praktikalitas dan efektivitas. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observas dan wawancara. Analisis yag digunakan menggunakan validitas,
praktikalitas dan efektivitas. Hasil penelitian media komik yang dikembangan tersebut
memperoleh persentase rata-rata 86,5% pada kategori sangat valid maka media komik animasi
layak untuk digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. Praktikalitas yang
dinilai dari hasil analisis angket respon pendidik dan angket respon peserta didik menunjukan
bahwa media komik pada mata pelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar memperoleh hasil
persentase rata-rata 83,7 % pada kategori sangat praktis maka media komik dapat
mempermudah pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. Efektivitas yang di nilai dari
hasil soal tes peserta didik diperoleh persentase nilai rata-rata ketuntasan klasikal 93,4 % pada
kategori sangat efektif maka dengan menggunakan media komik dapat membantu peserta didik
untuk mencapai tujuan pembelajaran
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk
memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak
mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pada penelitian ini, penulis
tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran Comic life. Penelitian menggunakan
Research and Develepment yang memiliki lima harapan, yakni: Analisis Desain,
Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Jenis data yang diambil pada penelitian ini yaitu
jenis data kualitatif dan kuantitatif. Pengembanngan instrumen yang digunakan yaitu lembar
observasi, wawancara. Validitas, praktikalitas dan efektivitas. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observas dan wawancara. Analisis yag digunakan menggunakan validitas,
praktikalitas dan efektivitas. Hasil penelitian media komik yang dikembangan tersebut
memperoleh persentase rata-rata 86,5% pada kategori sangat valid maka media komik animasi
layak untuk digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. Praktikalitas yang
dinilai dari hasil analisis angket respon pendidik dan angket respon peserta didik menunjukan
bahwa media komik pada mata pelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar memperoleh hasil
persentase rata-rata 83,7 % pada kategori sangat praktis maka media komik dapat
mempermudah pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. Efektivitas yang di nilai dari
hasil soal tes peserta didik diperoleh persentase nilai rata-rata ketuntasan klasikal 93,4 % pada
kategori sangat efektif maka dengan menggunakan media komik dapat membantu peserta didik
untuk mencapai tujuan pembelajaran