PENGEMBANGAN E-BOOK MATEMATIKA MATERI LUAS BERBANTUKAN APLIKASI BOOK CREATOR KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA

  • Sonia Yulia Friska Universitas Dharmas Indonesia
  • Uci Patu Zuhroh Universitas Dharmas Indonesia
  • Moh Rosyid Mahmui Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengembangkan bahan ajar E-Book khusunya dalam mata pelajaran matematika tentang materi luas, guna untuk menambah bahan ajar yang ada di sekolah dan menghasilkan pengembangan E-Book  di kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ada di SDN 20 Sitiung. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi beberapa tahap yaitu : tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Uji coba ini dilaksanakan pada 27 siswa di kelas IV Sekolah Dasar SDN 20 Sitiung Dharmasraya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi, uji kuesioner responden guru dan uji kuesioner responden siswa. Perolehan peneliti di peroleh e-book matematika di dapatkan dengan kriteria penilaian validasi bahasa, kegrafikaan dan materi dengan perolehan (0,92222222 %) dikategorikan valid. Aspek kepraktisan kuesioner responden guru dan responden siswa dengan persentase (79,5 %) dikategorikan sangat praktis. Maka disimpulkan bahwa e-book matematika materi luas berbantukan aplikasi book creator kelas IV sekolah dasar dalam kurikulum merdeka. Layak untuk diaplikasikan di sekolah dasar serta mampu meningkatkan hasil belajar  siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengembangkan bahan ajar E-Book khusunya dalam mata pelajaran matematika tentang materi luas, guna untuk menambah bahan ajar yang ada di sekolah dan menghasilkan pengembangan E-Book  di kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ada di SDN 20 Sitiung. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi beberapa tahap yaitu : tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Uji coba ini dilaksanakan pada 27 siswa di kelas IV Sekolah Dasar SDN 20 Sitiung Dharmasraya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi, uji kuesioner responden guru dan uji kuesioner responden siswa. Perolehan peneliti di peroleh e-book matematika di dapatkan dengan kriteria penilaian validasi bahasa, kegrafikaan dan materi dengan perolehan (0,92222222 %) dikategorikan valid. Aspek kepraktisan kuesioner responden guru dan responden siswa dengan persentase (79,5 %) dikategorikan sangat praktis. Maka disimpulkan bahwa e-book matematika materi luas berbantukan aplikasi book creator kelas IV sekolah dasar dalam kurikulum merdeka. Layak untuk diaplikasikan di sekolah dasar serta mampu meningkatkan hasil belajar  siswa.

Published
2023-03-14
How to Cite
FRISKA, Sonia Yulia; ZUHROH, Uci Patu; MAHMUI, Moh Rosyid. PENGEMBANGAN E-BOOK MATEMATIKA MATERI LUAS BERBANTUKAN APLIKASI BOOK CREATOR KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 91-97, mar. 2023. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/3099>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v3i1.3099.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.