PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WAYANG TODONG PADA MATERI PERKEMBANGAN TRANSPORTASI DARI ZAMAN TRADISIONAL HINGGA ZAMAN MODERN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh belum adanya media pembelajara yang memadai untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran, untuk itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang membantu peserta didik dalam proses pembelajaran serta media tersebut bisa dikaitkan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis wayang todong yang valid, praktis, efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) subjek uji coba adalah kelas IV peserta didik SD Negeri 162/VIII Sumber Agung. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian berupa lembar validasi, praktikalitas, dan efektifitas. Instrumen penilaian ini divalidasi oleh tiga validator, validator isi, validator bahasa,dan validator media. Adapun penggunaan media pembelajaran berbasis wayang todong pada materi perkembangan transportasi pada zaman tradisional hingga pada zaman modern d kelas VI SD Negeri 162/VIII Sumber Agung. Hasil validasi yang dilakukan oleh tiga validator diperoleh nilai validasi akhir 0,90% dengan kategori Tinggi,nilai praktikalitas respon guru 94% dengan kategori sangat valid dan respon peserta didik 0,89% dengan kategori Tinggi, dan nilai Efektivitas 0,000 < 0,05 yang di uji dengan paired sampel test berada pada daerah diterima dan ditolak yang berarti media pembelajaran wayang todong efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh belum adanya media pembelajara yang memadai untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran, untuk itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang membantu peserta didik dalam proses pembelajaran serta media tersebut bisa dikaitkan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis wayang todong yang valid, praktis, efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) subjek uji coba adalah kelas IV peserta didik SD Negeri 162/VIII Sumber Agung. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian berupa lembar validasi, praktikalitas, dan efektifitas. Instrumen penilaian ini divalidasi oleh tiga validator, validator isi, validator bahasa,dan validator media. Adapun penggunaan media pembelajaran berbasis wayang todong pada materi perkembangan transportasi pada zaman tradisional hingga pada zaman modern d kelas VI SD Negeri 162/VIII Sumber Agung. Hasil validasi yang dilakukan oleh tiga validator diperoleh nilai validasi akhir 0,90% dengan kategori Tinggi,nilai praktikalitas respon guru 94% dengan kategori sangat valid dan respon peserta didik 0,89% dengan kategori Tinggi, dan nilai Efektivitas 0,000 < 0,05 yang di uji dengan paired sampel test berada pada daerah diterima dan ditolak yang berarti media pembelajaran wayang todong efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.