PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI BAB 5 KELAS IV SD NEGERI 37/II PASAR LUBUK LANDAI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-Modul pada
pembelajaran IPAS materi Bab 5 Cerita Tentang Daerahku, guna menambah bahan ajar yang
ada di sekolah dan menghasilkan pengembangan E-Modul di kelas IV sekolah dasar yang valid,
praktis dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 37/II
Pasar Lubuk Landai. Model yang digunakan yaitu pengembangan ADDIE yang meliputi tahap
analisis (Analysis) yaitu analisis kurikulum, analisis kebutuhan dan analisis kebutuhan peserta
didik. Tahap perancangan (Design) meliputi tahap perancangan E-Modul dan tahap perancangan
instrumen penelitian. Tahap pengembangan (Development) yaitu tahap pengembangan
dilakukannya uji validitas oleh ahli. Tahap implementasi (Implementation) yaitu tahap uji coba
praktikalitas dan tahap evaluasi (Evaluation) yaitu tahap evaluasi dilakukan uji efektifitas
dilakukan di SD Negeri 37/II Pasar Lubuk Landai. Hasil penelitian validasi E-Modul pada
pembelajaran IPAS pada uji validasi oleh tiga orang ahli mendapatkan skor rata-rata 94,79%
dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas yang dinilai dari angket respon pendidik dan
peserta didik mendapatkan skor rata-rata 93,75% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan
hasil uji efektifitas E-Modul pada pembelajaran IPAS didapatkan dari hasil uji efektifitas
berupa soal tes yang diisi oleh peserta didik dan mendapatkan persentase 89,50% dengan
kategori sangat efektif.
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-Modul pada
pembelajaran IPAS materi Bab 5 Cerita Tentang Daerahku, guna menambah bahan ajar yang
ada di sekolah dan menghasilkan pengembangan E-Modul di kelas IV sekolah dasar yang valid,
praktis dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 37/II
Pasar Lubuk Landai. Model yang digunakan yaitu pengembangan ADDIE yang meliputi tahap
analisis (Analysis) yaitu analisis kurikulum, analisis kebutuhan dan analisis kebutuhan peserta
didik. Tahap perancangan (Design) meliputi tahap perancangan E-Modul dan tahap perancangan
instrumen penelitian. Tahap pengembangan (Development) yaitu tahap pengembangan
dilakukannya uji validitas oleh ahli. Tahap implementasi (Implementation) yaitu tahap uji coba
praktikalitas dan tahap evaluasi (Evaluation) yaitu tahap evaluasi dilakukan uji efektifitas
dilakukan di SD Negeri 37/II Pasar Lubuk Landai. Hasil penelitian validasi E-Modul pada
pembelajaran IPAS pada uji validasi oleh tiga orang ahli mendapatkan skor rata-rata 94,79%
dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas yang dinilai dari angket respon pendidik dan
peserta didik mendapatkan skor rata-rata 93,75% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan
hasil uji efektifitas E-Modul pada pembelajaran IPAS didapatkan dari hasil uji efektifitas
berupa soal tes yang diisi oleh peserta didik dan mendapatkan persentase 89,50% dengan
kategori sangat efektif.