MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI BERMAIN PERAN TEMA PROFESI PADA ANAK KELOMPOK B RA AL-FIRDAUS KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Bermain Peran Tema Profesi Pada Anak Kelompok B RA Al-Firdaus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelompok B yang ada di RA Al-Firdaus Kecamatan Panti Kabupaten Jenber. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi dengan membandingkan hasil observasi perkembangan sosial emosional anak dari siklus I dan siklus II sehingga dapat dilihat terjadinya peningkatan perkembangan sosial emosional. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan dapat ditarik kesimpulan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak kelompok B yang ada di RA Al-Firdaus Kecamatan Panti Kabupaten Jember.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Bermain Peran Tema Profesi Pada Anak Kelompok B RA Al-Firdaus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelompok B yang ada di RA Al-Firdaus Kecamatan Panti Kabupaten Jenber. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi dengan membandingkan hasil observasi perkembangan sosial emosional anak dari siklus I dan siklus II sehingga dapat dilihat terjadinya peningkatan perkembangan sosial emosional. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan dapat ditarik kesimpulan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak kelompok B yang ada di RA Al-Firdaus Kecamatan Panti Kabupaten Jember.