PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI STAKEHOLDER MADRASAH ALIYAH

( TINJAUAN HASIL PENELITIAN DAN TEORI G.R. TERRY )

  • Khoirul Holis Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Sherly Quraisy Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Ali Nurhadi Institut Agama Islam Negeri Madura

Abstract

Peningkatan mutu lembaga pendidikan sudah menjadi hal yang sangat penting bagi semua lembaga pendidikan. Begitu pula pada lembaga pendidikan Islam yang sama-sama saling berproses untuk menjadikan lembaga pendidikan yang memiliki kualitas sebanding dengan lembaga pendidikan lainnya, bahkan berusaha untuk mencapai pendidikan yang memiliki mutu atau kualitas tinggi. Untuk mencapai hal itu, diperlukan usaha yang berkesinambungan oleh lembaga pendidikan Islam, yaitu dengan menjalankan beberapa teori dan konsep manajemen mutu supaya kualitas pendidikan tetap terjaga dan diakui sebagai lembaga pendidikan yang menjalankan proses pendidikan dengan baik serta menghasilkan output yang terbaik. Terutama peran kepala madrasah yang sangat berpengaruh dalam peningkatan kualitas mutu pendidikan. Adapun beberapa konsep yang digunakan dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam tulisan ini ialah teori yang dikemukakan oleh George R. Terry yang berhubungan dengan fungsi manajemen dan lima dasar pengambilan keputusan. Pembahasan ini akan mengkaji tentang beberapa konsep mutu dan keselarasannya dengan lembaga pendidikan Islam ketika menanggapi evokasi pendidikan global.

Abstract

Peningkatan mutu lembaga pendidikan sudah menjadi hal yang sangat penting bagi semua lembaga pendidikan. Begitu pula pada lembaga pendidikan Islam yang sama-sama saling berproses untuk menjadikan lembaga pendidikan yang memiliki kualitas sebanding dengan lembaga pendidikan lainnya, bahkan berusaha untuk mencapai pendidikan yang memiliki mutu atau kualitas tinggi. Untuk mencapai hal itu, diperlukan usaha yang berkesinambungan oleh lembaga pendidikan Islam, yaitu dengan menjalankan beberapa teori dan konsep manajemen mutu supaya kualitas pendidikan tetap terjaga dan diakui sebagai lembaga pendidikan yang menjalankan proses pendidikan dengan baik serta menghasilkan output yang terbaik. Terutama peran kepala madrasah yang sangat berpengaruh dalam peningkatan kualitas mutu pendidikan. Adapun beberapa konsep yang digunakan dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam tulisan ini ialah teori yang dikemukakan oleh George R. Terry yang berhubungan dengan fungsi manajemen dan lima dasar pengambilan keputusan. Pembahasan ini akan mengkaji tentang beberapa konsep mutu dan keselarasannya dengan lembaga pendidikan Islam ketika menanggapi evokasi pendidikan global.

Published
2023-03-30
How to Cite
HOLIS, Khoirul; QURAISY, Sherly; NURHADI, Ali. PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI STAKEHOLDER MADRASAH ALIYAH. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 140-152, mar. 2023. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/2934>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v3i1.2934.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.