PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN STKIP PGRI SITUBONDO TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER VI PADA MATAKULIAH PERENCANAAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN
Abstract
Tujuan penelitian pemanfaatan perpustakaan STKIP PGRI Situbondo terhadap hasil belajar mahasiswa semester VI pada matakuliah Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran. Metode ex post facto, mengedarkan kuesioner atau angket, test. Pendekatan kualitatif. Subjek siswa Ekonomi semester VI. Penentuan lokasi Purposive Sampling Area. Hasil Hasil penghitungan diperoleh nilai 23 soal valid dan 7 soal tidak valid. Nilai Alpha Cronbach sebesar 0,893 dengan soal sebanyak 23 soal. Alpha rasebesar 0,893 artinya angka tersebut lebih besar dari minimal Alpha Cronbach sebesar 0,70. Pengaruh pemanfaatan perpustakaan STKIP PGRI Situbondo terhadap hasil belajar mahasiswa semester VI matakuliah Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran taraf signifikan 5% dengan ketentuan df = n (72), maka diperoleh rhitung = 0,362 dan rtabel = 0,2319. Sehingga rhitung rtabel ( 0,362 0,2319 ) hasil hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak.
Abstract
Tujuan penelitian pemanfaatan perpustakaan STKIP PGRI Situbondo terhadap hasil belajar mahasiswa semester VI pada matakuliah Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran. Metode ex post facto, mengedarkan kuesioner atau angket, test. Pendekatan kualitatif. Subjek siswa Ekonomi semester VI. Penentuan lokasi Purposive Sampling Area. Hasil Hasil penghitungan diperoleh nilai 23 soal valid dan 7 soal tidak valid. Nilai Alpha Cronbach sebesar 0,893 dengan soal sebanyak 23 soal. Alpha rasebesar 0,893 artinya angka tersebut lebih besar dari minimal Alpha Cronbach sebesar 0,70. Pengaruh pemanfaatan perpustakaan STKIP PGRI Situbondo terhadap hasil belajar mahasiswa semester VI matakuliah Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran taraf signifikan 5% dengan ketentuan df = n (72), maka diperoleh rhitung = 0,362 dan rtabel = 0,2319. Sehingga rhitung rtabel ( 0,362 0,2319 ) hasil hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak.