UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XI MIPA 3 DI SMA NEGERI 1 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

  • Darwoto Darwoto SMAN 1 SITUBONDO

Abstract

Fisika merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyususnan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep. Permasalahan pembelajaran didalam kelas dilihat dari siswa, dari observasi yang saya lakukan dengan siswa SMA Negeri 1 Situbondo. Siswa tersebut mengatakan masih merasa malas dengan pembelajaran fisika karena terlalu banyak rumus yang harus dihafalkan, mereka masih merasa binggung dalam mengaplikasikan konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari, Mereka menganggap bahwa pembelajaran fisika yang membosankan. Hal ini sesuai dengan pendapat guru SMA Negeri 1 Situbondo menyatakan bahwa beliau hanya menggunakan metode ceramah. Dengan hanya menggunakan metode ceramah siswa   kurang berperan aktif dalam pembelajaran, karena dalam hakikat fisika adalah mengamati, mencoba, menanya, mengasosiasi, dan mengkomunikasi. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa salah satunya dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share (TPS). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), disini peneliti akan berkolaborasi dengan guru pengajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Situbondo. Adapun alasan pemilihan lokasi penelitian dengan pertimbangan: Terdapat permasalahan pembelajaran pada siswa di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Situbondo diantaranya presentase siswa yang belum tuntas pada mata pelajaran fisika berdasarkan nilai ujian tengah semester (UTS) genap. Berdasarkan data observasi dan wawancara terbatas sekitar 80% siswa yang pasif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dari kegiatan pra siklus,siklus I, siklus II dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Peningkatan aktivitas siswa di peroleh prosentase rata-rata aktivitas belajar pra siklus termasuk dalam kategori kurang aktif, pada siklus I termasuk kategori cukup aktif, kemudian pada siklus II termasuk dalam kategori aktif. Adapun peningkatan hasil belajar siswa di peroleh prosentase rata-rata pada prasiklus I sebesar 60,88 yang termasuk dalam kategori cukup, pada siklus I sebesar 65,78 termasuk dalam kategori cukup, pada siklus II sebesar 77 termasuk dalamk kategori baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Situbondo menggunakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Situbondo mengalami peningkatan.

Abstract

Fisika merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyususnan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep. Permasalahan pembelajaran didalam kelas dilihat dari siswa, dari observasi yang saya lakukan dengan siswa SMA Negeri 1 Situbondo. Siswa tersebut mengatakan masih merasa malas dengan pembelajaran fisika karena terlalu banyak rumus yang harus dihafalkan, mereka masih merasa binggung dalam mengaplikasikan konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari, Mereka menganggap bahwa pembelajaran fisika yang membosankan. Hal ini sesuai dengan pendapat guru SMA Negeri 1 Situbondo menyatakan bahwa beliau hanya menggunakan metode ceramah. Dengan hanya menggunakan metode ceramah siswa   kurang berperan aktif dalam pembelajaran, karena dalam hakikat fisika adalah mengamati, mencoba, menanya, mengasosiasi, dan mengkomunikasi. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa salah satunya dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share (TPS). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), disini peneliti akan berkolaborasi dengan guru pengajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Situbondo. Adapun alasan pemilihan lokasi penelitian dengan pertimbangan: Terdapat permasalahan pembelajaran pada siswa di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Situbondo diantaranya presentase siswa yang belum tuntas pada mata pelajaran fisika berdasarkan nilai ujian tengah semester (UTS) genap. Berdasarkan data observasi dan wawancara terbatas sekitar 80% siswa yang pasif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dari kegiatan pra siklus,siklus I, siklus II dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Peningkatan aktivitas siswa di peroleh prosentase rata-rata aktivitas belajar pra siklus termasuk dalam kategori kurang aktif, pada siklus I termasuk kategori cukup aktif, kemudian pada siklus II termasuk dalam kategori aktif. Adapun peningkatan hasil belajar siswa di peroleh prosentase rata-rata pada prasiklus I sebesar 60,88 yang termasuk dalam kategori cukup, pada siklus I sebesar 65,78 termasuk dalam kategori cukup, pada siklus II sebesar 77 termasuk dalamk kategori baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Situbondo menggunakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Situbondo mengalami peningkatan.

Published
2023-04-21
How to Cite
DARWOTO, Darwoto. UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XI MIPA 3 DI SMA NEGERI 1 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 55-80, apr. 2023. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/2816>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v3i1.2816.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.