IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI-MIA 3 DI SMA NEGERI 1 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2015/2016.
Abstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan Apakah Implementasi Model Pembelajaran make a macth dapat Meningkatkan hasil belajar Biologi kelas XI-MIPA 3 di SMA Negeri 1 SITUBONDO tahun Pelajaran 2015/2016. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar biologi setelah implentasi model pembelajaran make a macth siswa kelas XI-MIPA 3 di SMA Negeri 1 Situbondo tahun pelajaran 2015/2016 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas yang termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian deskriptif kualitatif ini data yang dihasilkan berupa uraian atau pernyataan yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan soal tes baik tes pra tindakan maupun tes pada akhir siklus. Berdasarkan tabel hasil belajar siswa pada siklus I dan Siklus II diperoleh data dari 24 siswa yang mengikuti ulangan harian 2 siswa yang tidak tuntas belajar, karena siswa tersebut memperoleh nilai kurang dari 67 dari skor maksimal 100 dan 22 siswa tuntas secara perorangan. Hasil tersebut mengalami peningkatan dari siklus I ini dapat terlihat rata-rata nilai. Rata-rata pada siklus I sebesar 65 dan pada siklus II sebesar 76. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I hanya mencapai 75%, pada siklus II mencapai 92% maka sudah mencapai standar kelulusan klasikal yang diterapkan pihak sekolah yakni mencapai 85%. Pada hasil belajar siswa pada siklus II sudah mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya, meskipun peningkatannya tidak terlalu tinggi dikarenakan dalam mengerjakan tugas kurang teliti. Hal ini membutuhkan peranan guru dalam pengajaran.
Abstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan Apakah Implementasi Model Pembelajaran make a macth dapat Meningkatkan hasil belajar Biologi kelas XI-MIPA 3 di SMA Negeri 1 SITUBONDO tahun Pelajaran 2015/2016. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar biologi setelah implentasi model pembelajaran make a macth siswa kelas XI-MIPA 3 di SMA Negeri 1 Situbondo tahun pelajaran 2015/2016 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas yang termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian deskriptif kualitatif ini data yang dihasilkan berupa uraian atau pernyataan yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan soal tes baik tes pra tindakan maupun tes pada akhir siklus. Berdasarkan tabel hasil belajar siswa pada siklus I dan Siklus II diperoleh data dari 24 siswa yang mengikuti ulangan harian 2 siswa yang tidak tuntas belajar, karena siswa tersebut memperoleh nilai kurang dari 67 dari skor maksimal 100 dan 22 siswa tuntas secara perorangan. Hasil tersebut mengalami peningkatan dari siklus I ini dapat terlihat rata-rata nilai. Rata-rata pada siklus I sebesar 65 dan pada siklus II sebesar 76. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I hanya mencapai 75%, pada siklus II mencapai 92% maka sudah mencapai standar kelulusan klasikal yang diterapkan pihak sekolah yakni mencapai 85%. Pada hasil belajar siswa pada siklus II sudah mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya, meskipun peningkatannya tidak terlalu tinggi dikarenakan dalam mengerjakan tugas kurang teliti. Hal ini membutuhkan peranan guru dalam pengajaran.