PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

  • Agus Diyono SMAN 1 SITUBONDO

Abstract

Menurut UU RI no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 1 menjelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasa, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.Awofala, dkk (2012:11) merekomendasikan agar pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) agar digunakan oleh guru sejarah dan pada mata pelajaran lainnya dalam mengajar siswanya. Dalam model pembelajaran Teams Games Tournamnet (TGT) ini, siswa dikelompokkan dalam tim belajar yang terdiri atas 4-5 orang yang heterogen Penelitian ini menggunakan metode penelitian hopkins, yaitu penelitian tindakan kelas yang digambarkan dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase (PGSM, 2009:8) yaitu fase perencanaan (planning); tindakan (action); pengamatan (observation); dan refleksi (reflection). Penelitian ini menggunakan dua siklus, jika siklus pertama sudah mencapai hasil yang diinginkan maka siklus dilanjutkan kesiklus kedua dengan materi selanjutnya.Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 75%, terdapat 4 siswa yang tidak tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 93,75%, masih terdapat 1 siswa yang tidak tuntas belajar. Dari 1 siswa yang tidak tuntas belajar pada siklus II terdapat 1 siswa yang memang tidak tuntas dalam siklus I. Hal tersebut menunjukkan bahwa melalui Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kompetensi Dasar Menganalisis Menganalisis peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini di kelas XI IPS Semester Genap di SMA Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2015/201

Abstract

Menurut UU RI no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 1 menjelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasa, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.Awofala, dkk (2012:11) merekomendasikan agar pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) agar digunakan oleh guru sejarah dan pada mata pelajaran lainnya dalam mengajar siswanya. Dalam model pembelajaran Teams Games Tournamnet (TGT) ini, siswa dikelompokkan dalam tim belajar yang terdiri atas 4-5 orang yang heterogen Penelitian ini menggunakan metode penelitian hopkins, yaitu penelitian tindakan kelas yang digambarkan dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase (PGSM, 2009:8) yaitu fase perencanaan (planning); tindakan (action); pengamatan (observation); dan refleksi (reflection). Penelitian ini menggunakan dua siklus, jika siklus pertama sudah mencapai hasil yang diinginkan maka siklus dilanjutkan kesiklus kedua dengan materi selanjutnya.Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 75%, terdapat 4 siswa yang tidak tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 93,75%, masih terdapat 1 siswa yang tidak tuntas belajar. Dari 1 siswa yang tidak tuntas belajar pada siklus II terdapat 1 siswa yang memang tidak tuntas dalam siklus I. Hal tersebut menunjukkan bahwa melalui Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kompetensi Dasar Menganalisis Menganalisis peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini di kelas XI IPS Semester Genap di SMA Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2015/201

Published
2023-03-28
How to Cite
DIYONO, Agus. PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 18-35, mar. 2023. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/2814>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v3i1.2814.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.