PENINGKATAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS LAPORAN PERCOBAAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN SQ3R KELAS IX SMP NEGERI 4 KANDIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Yopi Desri SMP Negeri 4 Kandis

Abstract

Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran SQ3R kelas IX semester 1. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 9 SMP Negeri 4 Kandis sebanyak 25 siswa, dengan komposisi perempuan 15 orang dan laki-laki 10 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siklus pertama memperoleh nilai 83,08 dengan persentase 62% sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 96,15 dengan persentase 92% begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada perhatian, disiplin, dan komunikasi. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX di SMP Negeri 4 Kandis. Selain itu, penerapan strategi pembelajaran ini dapat meningkatkan pehatian, disiplin, dan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran.


 

Abstract

Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran SQ3R kelas IX semester 1. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 9 SMP Negeri 4 Kandis sebanyak 25 siswa, dengan komposisi perempuan 15 orang dan laki-laki 10 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siklus pertama memperoleh nilai 83,08 dengan persentase 62% sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 96,15 dengan persentase 92% begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada perhatian, disiplin, dan komunikasi. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX di SMP Negeri 4 Kandis. Selain itu, penerapan strategi pembelajaran ini dapat meningkatkan pehatian, disiplin, dan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran.


 

Published
2022-08-31
How to Cite
DESRI, Yopi. PENINGKATAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS LAPORAN PERCOBAAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN SQ3R KELAS IX SMP NEGERI 4 KANDIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 287-298, aug. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/2299>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i2.2299.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.