PENINGKATAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS LAPORAN PERCOBAAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN SQ3R KELAS IX SMP NEGERI 4 KANDIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran SQ3R kelas IX semester 1. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 9 SMP Negeri 4 Kandis sebanyak 25 siswa, dengan komposisi perempuan 15 orang dan laki-laki 10 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siklus pertama memperoleh nilai 83,08 dengan persentase 62% sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 96,15 dengan persentase 92% begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada perhatian, disiplin, dan komunikasi. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX di SMP Negeri 4 Kandis. Selain itu, penerapan strategi pembelajaran ini dapat meningkatkan pehatian, disiplin, dan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran.
Abstract
Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran SQ3R kelas IX semester 1. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 9 SMP Negeri 4 Kandis sebanyak 25 siswa, dengan komposisi perempuan 15 orang dan laki-laki 10 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siklus pertama memperoleh nilai 83,08 dengan persentase 62% sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 96,15 dengan persentase 92% begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada perhatian, disiplin, dan komunikasi. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX di SMP Negeri 4 Kandis. Selain itu, penerapan strategi pembelajaran ini dapat meningkatkan pehatian, disiplin, dan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran.