PENGARUH FASILITAS PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  • Dodik Eko Yulianto universitas abdurachman saleh situbondo
  • indah Lestari Setyiorini universitas abdurachman saleh situbondo

Abstract

Pencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah fasilitas belajar dan minat belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran Matematika di SDN Cermee 3 Bondowoso masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 7,0. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil   belajar siswa mata pelajaran Matematika Kelas V Pada Pokok Bahasan Sifat-sifat Bangun Datar di SDN Cermee 3 Bondowoso, baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui adakah pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika Kelas V Pada Pokok Bahasan Sifat- sifat Bangun Datar di SDN Cermee 3 Bondowoso. Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas V Pada di SDN Cermee 3 Bondowoso yang berjumlah 53 siswa. Peneliti mengambil   teknik sensus, yaitu mengambil keseluruhan populasi sebagai objek   penelitian. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu fasilitas belajar (X1) dan minat belajar (X2) serta variabel terikat yaitu hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 38,519 + 0,541X1 + 0,249X2 . Uji parsial (uji t) fasilitas belajar (X1) diperoleh t hitung = 5,445, sehingga H1 diterima. Variabel motivasi belajar (X2) diperoleh t hitung = 2,847, sehingga H2 diterima. Secara simultan (R2) fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 94,34%. Simpulan penelitian ini adalah fasilitas belajar dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah pihak sekolah hendaknya menambah atau memperbaiki fasilitas sekolah. Serta perlu adanya peningkatan minat belajar siswa agar siswa terdorong untuk mencapai cita-citanya dan meningkatkan kemampuan belajarnya agar mendapat hasil belajar yang lebih baik.

Abstract

Pencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah fasilitas belajar dan minat belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran Matematika di SDN Cermee 3 Bondowoso masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 7,0. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil   belajar siswa mata pelajaran Matematika Kelas V Pada Pokok Bahasan Sifat-sifat Bangun Datar di SDN Cermee 3 Bondowoso, baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui adakah pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika Kelas V Pada Pokok Bahasan Sifat- sifat Bangun Datar di SDN Cermee 3 Bondowoso. Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas V Pada di SDN Cermee 3 Bondowoso yang berjumlah 53 siswa. Peneliti mengambil   teknik sensus, yaitu mengambil keseluruhan populasi sebagai objek   penelitian. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu fasilitas belajar (X1) dan minat belajar (X2) serta variabel terikat yaitu hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 38,519 + 0,541X1 + 0,249X2 . Uji parsial (uji t) fasilitas belajar (X1) diperoleh t hitung = 5,445, sehingga H1 diterima. Variabel motivasi belajar (X2) diperoleh t hitung = 2,847, sehingga H2 diterima. Secara simultan (R2) fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 94,34%. Simpulan penelitian ini adalah fasilitas belajar dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah pihak sekolah hendaknya menambah atau memperbaiki fasilitas sekolah. Serta perlu adanya peningkatan minat belajar siswa agar siswa terdorong untuk mencapai cita-citanya dan meningkatkan kemampuan belajarnya agar mendapat hasil belajar yang lebih baik.

Published
2022-09-15
How to Cite
YULIANTO, Dodik Eko; SETYIORINI, indah Lestari. PENGARUH FASILITAS PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 276-286, sep. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/2220>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i2.2220.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.