MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MEANINGFULL LEARNING MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII-B DI SMP NEGERI 4 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Model pembelajaran Meaningfull learning merupakan model pembelajaran yang diharapkan dapat menanamkan rasa percaya diri dan bangga pada siswa, membangkitkan minat atau perhatian serta memberi kesempatan kepada mereka untuk mengevaluasi diri. Model pembelajaran ini dirancang dan dapat digunakan oleh guru untuk mempengaruhi tingkat keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran yang akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 4 Situbondo bahwa siswa dalam kelas sangat ramai pada saat pembelajaran sehingga hasil belajar siswa mencapai 50% atau 15 siswa yang tuntas. Hal ini masih di bawah KKM yang ditetapkan oleh SMP Negeri 4 Situbondo yaitu 85% maka perlu adanya perbaikan model pembelajaran yang variatif yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa.Dengan adanya Model pembelajaran Meaningfull learning diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Desain penelitian menggunakan PTK. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisa data yang telah dikemukakan di bab IV dapat diuraikan sebagai berikut: Hasil belajar Siswa meningkat 94% melalui Penerapan Pembelajaran Meaningfull learning mata pelajaran matematika materi pokok bilangan bulat kelas VII-B di SMP Negeri 4 Situbondo tahun pelajaran 2019/2020 dan Aktivitas belajar Siswa mencapai persentase 94% melalui Penerapan Pembelajaran Meaningfull learning mata pelajaran matematika materi pokok bilangan bulat kelas VII-B di SMP Negeri 4 Situbondo tahun pelajaran 2019/2020.
Abstract
Model pembelajaran Meaningfull learning merupakan model pembelajaran yang diharapkan dapat menanamkan rasa percaya diri dan bangga pada siswa, membangkitkan minat atau perhatian serta memberi kesempatan kepada mereka untuk mengevaluasi diri. Model pembelajaran ini dirancang dan dapat digunakan oleh guru untuk mempengaruhi tingkat keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran yang akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 4 Situbondo bahwa siswa dalam kelas sangat ramai pada saat pembelajaran sehingga hasil belajar siswa mencapai 50% atau 15 siswa yang tuntas. Hal ini masih di bawah KKM yang ditetapkan oleh SMP Negeri 4 Situbondo yaitu 85% maka perlu adanya perbaikan model pembelajaran yang variatif yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa.Dengan adanya Model pembelajaran Meaningfull learning diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Desain penelitian menggunakan PTK. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisa data yang telah dikemukakan di bab IV dapat diuraikan sebagai berikut: Hasil belajar Siswa meningkat 94% melalui Penerapan Pembelajaran Meaningfull learning mata pelajaran matematika materi pokok bilangan bulat kelas VII-B di SMP Negeri 4 Situbondo tahun pelajaran 2019/2020 dan Aktivitas belajar Siswa mencapai persentase 94% melalui Penerapan Pembelajaran Meaningfull learning mata pelajaran matematika materi pokok bilangan bulat kelas VII-B di SMP Negeri 4 Situbondo tahun pelajaran 2019/2020.