EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 1 MOJOSARI KECAMATAN ASEMBAGUS

  • nani farah fasica universitas abdurachman saleh situbondo

Abstract

Dampak Covid-19 yang melanda negeri ini sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya di dunia pendidikan, yang sebelumnya kegiatan pembelajaran dilaksanakan di sekolah beralih dilakukan di rumah. Salah satu cara agar kegiatan pembelajaran di rumah efektif dilaksanakan, dan tetap dipandu oleh guru, yaitu  dengan menggunakan program pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis teknologi  menggunakan bantuan media smartphone dengan aplikasi whatsaap, zoom, meet, video online, dan pesan suara.  Penelitian ini di lakukan di SDN 1 Mojosari untuk melihat efektifitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilaksanakan pada masa pandemic Covid-19. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket yang diisi oleh orang tua siswa melalui Googel Form, dapat diperoleh informasi bahwa kegiatan pembelajaran jarak jauh akan lebih efektif jika interaksi yang dilakukan oleh guru tetap intensif, serta media pendukung seperti sinyal internet harus memadai, selain itu peran orang tua siswa juga sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran jarak jauh.

Abstract

Dampak Covid-19 yang melanda negeri ini sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya di dunia pendidikan, yang sebelumnya kegiatan pembelajaran dilaksanakan di sekolah beralih dilakukan di rumah. Salah satu cara agar kegiatan pembelajaran di rumah efektif dilaksanakan, dan tetap dipandu oleh guru, yaitu  dengan menggunakan program pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis teknologi  menggunakan bantuan media smartphone dengan aplikasi whatsaap, zoom, meet, video online, dan pesan suara.  Penelitian ini di lakukan di SDN 1 Mojosari untuk melihat efektifitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilaksanakan pada masa pandemic Covid-19. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket yang diisi oleh orang tua siswa melalui Googel Form, dapat diperoleh informasi bahwa kegiatan pembelajaran jarak jauh akan lebih efektif jika interaksi yang dilakukan oleh guru tetap intensif, serta media pendukung seperti sinyal internet harus memadai, selain itu peran orang tua siswa juga sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran jarak jauh.

Published
2022-08-29
How to Cite
FASICA, nani farah. EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 1 MOJOSARI KECAMATAN ASEMBAGUS. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 240-249, aug. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/2203>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i2.2203.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.