EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 1 MOJOSARI KECAMATAN ASEMBAGUS
Abstract
Dampak Covid-19 yang melanda negeri ini sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya di dunia pendidikan, yang sebelumnya kegiatan pembelajaran dilaksanakan di sekolah beralih dilakukan di rumah. Salah satu cara agar kegiatan pembelajaran di rumah efektif dilaksanakan, dan tetap dipandu oleh guru, yaitu dengan menggunakan program pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis teknologi menggunakan bantuan media smartphone dengan aplikasi whatsaap, zoom, meet, video online, dan pesan suara. Penelitian ini di lakukan di SDN 1 Mojosari untuk melihat efektifitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilaksanakan pada masa pandemic Covid-19. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket yang diisi oleh orang tua siswa melalui Googel Form, dapat diperoleh informasi bahwa kegiatan pembelajaran jarak jauh akan lebih efektif jika interaksi yang dilakukan oleh guru tetap intensif, serta media pendukung seperti sinyal internet harus memadai, selain itu peran orang tua siswa juga sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran jarak jauh.
Abstract
Dampak Covid-19 yang melanda negeri ini sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya di dunia pendidikan, yang sebelumnya kegiatan pembelajaran dilaksanakan di sekolah beralih dilakukan di rumah. Salah satu cara agar kegiatan pembelajaran di rumah efektif dilaksanakan, dan tetap dipandu oleh guru, yaitu dengan menggunakan program pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis teknologi menggunakan bantuan media smartphone dengan aplikasi whatsaap, zoom, meet, video online, dan pesan suara. Penelitian ini di lakukan di SDN 1 Mojosari untuk melihat efektifitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilaksanakan pada masa pandemic Covid-19. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket yang diisi oleh orang tua siswa melalui Googel Form, dapat diperoleh informasi bahwa kegiatan pembelajaran jarak jauh akan lebih efektif jika interaksi yang dilakukan oleh guru tetap intensif, serta media pendukung seperti sinyal internet harus memadai, selain itu peran orang tua siswa juga sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran jarak jauh.