ANALISIS PEMANFAATAN SCHOOLOGY DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER 6 STKIP PGRI SITUBONDO

  • ferdiansyah dwi saputra STKIP PGRI Situbondo
  • Miftahus Surur STKIP PGRI Situbondo
  • Yesi Puspitasari STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Media Schoology menjadi salah satu Learning Management System yang dapat digunakan dalam pembelajaran blended learning. Penggunaan metode pembelajaran blended learning diyakini dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa. Ada beberapa indikator keaktifan belajar, diantaranya; bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, berani mengajukan pertanyaan selama pembelajaran, berani menjawab pertanyaan yang diberikan, berani mempresentasikan hasil pemahamannya di depan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berupa narasumber (informan), peristiwa atau aktivitas, dokumen lain yang menunjang penelitian, serta studi pustaka. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media Schoology dalam meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi semester 6 di STKIP PGRI Situbondo. Hasil dari penelitian ini ialah media Schoology efektif untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Dan pemanfaatan media Schoology cukup mampu dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa, khususnya pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Semester 6 STKIP PGRI Situbondo dalam mata kuliah Pengajaran Mikro.

Abstract

Media Schoology menjadi salah satu Learning Management System yang dapat digunakan dalam pembelajaran blended learning. Penggunaan metode pembelajaran blended learning diyakini dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa. Ada beberapa indikator keaktifan belajar, diantaranya; bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, berani mengajukan pertanyaan selama pembelajaran, berani menjawab pertanyaan yang diberikan, berani mempresentasikan hasil pemahamannya di depan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berupa narasumber (informan), peristiwa atau aktivitas, dokumen lain yang menunjang penelitian, serta studi pustaka. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media Schoology dalam meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi semester 6 di STKIP PGRI Situbondo. Hasil dari penelitian ini ialah media Schoology efektif untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Dan pemanfaatan media Schoology cukup mampu dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa, khususnya pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Semester 6 STKIP PGRI Situbondo dalam mata kuliah Pengajaran Mikro.

Published
2022-08-29
How to Cite
SAPUTRA, ferdiansyah dwi; SURUR, Miftahus; PUSPITASARI, Yesi. ANALISIS PEMANFAATAN SCHOOLOGY DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER 6 STKIP PGRI SITUBONDO. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 224-239, aug. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/2187>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i2.2187.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.