PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN ALAT PERAGA NYATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

  • Anas Elvian Firmansyah universitas abdurachman saleh situbondo
  • Ratih Kesuma Dewi universitas abdurachman saleh situbondo

Abstract

Pembelajaran siswa diharapkan mendapatkan dan menemukan nilai IPA yang berkualitas yang disampaikan oleh guru, oleh karena itu guru dalam menyajikan pelajaran perlu diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan dan harapan siswa dengan menggunakan berbagai sumber informasi. Tetapi untuk menciptakan suasana belajar seperti itu bukanlah hal yang mudah. Komponen lain diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran sehingga mudah dan menyenangkan. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang penggunaan model pembelajaran interaktif dengan alat peraga nyata pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD  Negeri 1 Tambak Ukir Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V sebanyak  siswa yang terdiri dari 15 siswa kelas V (SD  Negeri 1 Tambak Ukir Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo) menggunakan model pembelajaran Interaktif dengan alat peraga nyata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitiannya adalah eksperimen semu. Data yang diperoleh dikumpulkan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data adalah Dibandingkan dengan jumlah populasi seluruh siswa di kelas V SD Negeri 1 Tambak Ukir (15 orang), maka jumlah 15 orang siswa (86%) yang memperoleh nilai ulangan harian minimal 70 yang dicapai sesudah dilaksanakannya tindakan perbaikan pembelajaran siklus 2 telah melampaui standar minimal ketuntasan belajar klasikal sebesar 85%.

Abstract

Pembelajaran siswa diharapkan mendapatkan dan menemukan nilai IPA yang berkualitas yang disampaikan oleh guru, oleh karena itu guru dalam menyajikan pelajaran perlu diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan dan harapan siswa dengan menggunakan berbagai sumber informasi. Tetapi untuk menciptakan suasana belajar seperti itu bukanlah hal yang mudah. Komponen lain diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran sehingga mudah dan menyenangkan. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang penggunaan model pembelajaran interaktif dengan alat peraga nyata pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD  Negeri 1 Tambak Ukir Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V sebanyak  siswa yang terdiri dari 15 siswa kelas V (SD  Negeri 1 Tambak Ukir Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo) menggunakan model pembelajaran Interaktif dengan alat peraga nyata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitiannya adalah eksperimen semu. Data yang diperoleh dikumpulkan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data adalah Dibandingkan dengan jumlah populasi seluruh siswa di kelas V SD Negeri 1 Tambak Ukir (15 orang), maka jumlah 15 orang siswa (86%) yang memperoleh nilai ulangan harian minimal 70 yang dicapai sesudah dilaksanakannya tindakan perbaikan pembelajaran siklus 2 telah melampaui standar minimal ketuntasan belajar klasikal sebesar 85%.

Published
2022-08-30
How to Cite
FIRMANSYAH, Anas Elvian; DEWI, Ratih Kesuma. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN ALAT PERAGA NYATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 162-169, aug. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/2139>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i2.2139.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.