EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LITERASI PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NURUL ULUM SEMIRING MANGARAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Pembelajaran literasi merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Pembelajaran literasi mendorong siswa untuk senantiasa haus akan ilmu pengetahuan, menjadikan mereka senang membaca dan akhirnya siswa memiliki wawasan yang lebih luas dan mendapatkan informasi baru. Literasi tidak lagi hanya dipahami sebagai transformasi individu semata, tetapi juga sebagai transformasi sosial. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan pengumpulan dan berdasarkan wawancara dan observasi. Analisa data berupa induksi, reduksi, verivikasi penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini Efektivitas pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022 bahwa sangat efektif karena kegiatan bersifat partisipasif dengan melibatkan warga sekolah dan semua unsur yang ada dalam masyarakat dan literasi dalam program ini dipandang sebagai kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Upaya yang dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022 bahwa dengan menjadwalkan pembelajaran literasi. Model pembelajaran IPS berbasis literasi yang digunakan oleh guru di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah
Abstract
Pembelajaran literasi merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Pembelajaran literasi mendorong siswa untuk senantiasa haus akan ilmu pengetahuan, menjadikan mereka senang membaca dan akhirnya siswa memiliki wawasan yang lebih luas dan mendapatkan informasi baru. Literasi tidak lagi hanya dipahami sebagai transformasi individu semata, tetapi juga sebagai transformasi sosial. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan pengumpulan dan berdasarkan wawancara dan observasi. Analisa data berupa induksi, reduksi, verivikasi penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini Efektivitas pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022 bahwa sangat efektif karena kegiatan bersifat partisipasif dengan melibatkan warga sekolah dan semua unsur yang ada dalam masyarakat dan literasi dalam program ini dipandang sebagai kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Upaya yang dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022 bahwa dengan menjadwalkan pembelajaran literasi. Model pembelajaran IPS berbasis literasi yang digunakan oleh guru di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah