EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LITERASI PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NURUL ULUM SEMIRING MANGARAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Zainul Kurama’i STKIP PGRI Situbondo
  • Dassucik Dassucik STKIP PGRI Situbondo
  • Ahmad Hafas Rasyidi STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Pembelajaran literasi merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Pembelajaran literasi mendorong siswa untuk senantiasa haus akan ilmu pengetahuan, menjadikan mereka senang membaca dan akhirnya siswa memiliki wawasan yang lebih luas dan mendapatkan informasi baru. Literasi tidak lagi hanya dipahami sebagai transformasi individu semata, tetapi juga sebagai transformasi sosial. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mewujudkan  pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan pengumpulan dan berdasarkan wawancara dan observasi. Analisa data berupa induksi, reduksi, verivikasi penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini Efektivitas pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022 bahwa sangat efektif karena kegiatan bersifat partisipasif dengan melibatkan warga sekolah dan semua unsur yang ada dalam masyarakat dan literasi dalam program ini dipandang sebagai kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Upaya yang dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022 bahwa dengan menjadwalkan pembelajaran literasi. Model pembelajaran IPS berbasis literasi yang digunakan oleh guru di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah

Abstract

Pembelajaran literasi merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Pembelajaran literasi mendorong siswa untuk senantiasa haus akan ilmu pengetahuan, menjadikan mereka senang membaca dan akhirnya siswa memiliki wawasan yang lebih luas dan mendapatkan informasi baru. Literasi tidak lagi hanya dipahami sebagai transformasi individu semata, tetapi juga sebagai transformasi sosial. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mewujudkan  pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan pengumpulan dan berdasarkan wawancara dan observasi. Analisa data berupa induksi, reduksi, verivikasi penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini Efektivitas pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022 bahwa sangat efektif karena kegiatan bersifat partisipasif dengan melibatkan warga sekolah dan semua unsur yang ada dalam masyarakat dan literasi dalam program ini dipandang sebagai kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Upaya yang dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran literasi pada pembelajaran IPS di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran tahun pelajaran 2021/2022 bahwa dengan menjadwalkan pembelajaran literasi. Model pembelajaran IPS berbasis literasi yang digunakan oleh guru di SMP Nurul Ulum Semiring Mangaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah

Published
2022-08-30
How to Cite
KURAMA’I, Zainul; DASSUCIK, Dassucik; RASYIDI, Ahmad Hafas. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LITERASI PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NURUL ULUM SEMIRING MANGARAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 153-161, aug. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/2138>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i2.2138.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.