PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SUNAN BONANG
Abstract
Proses pembelajaran dan hasilnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor fasilitas belajar. Fasilitas belajar meliputi semua peralatan yang diperlukan dalam proses belajar mengajar agar pencapaian tujuan pembelajaran dapat berjalan lancar, teratur, efektif, dan efisien sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Fasilitas belajar yang mendukung kegiatan belajar peserta didik akan menyebabkan proses belajar mengajar menyenangkan dan memperoleh hasil belajar yang diharapkan. SMP Islam Sunan Bonang menyediakan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa agar dapat menumbuhkan, mengembangkan dirinya sesuai dengan bakat dan kemampuan sebagai manusia seutuhnya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 183 orang siswa. Dari populasi tersebut ditentukan sampel melalui teknik random sampling sebanyak 70 orang siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket / kuesioner serta dokumentasi. Data utama penelitian ini, yaitu pemanfaatan fasilitas belajar dan hasil belajar IPS, dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana. Sebelum dilakukan analisis, data utama penelitian ini dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linearitas dan data utama penelitian ini juga telah memenuhi kelima pengujian prasyarat tersebut. Setelah dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F regresi adalah 409,304 dengan tingkat signifikansi 0,000% dan F tabel menunjukkan nilai 3,98 pada a = 0,05 dan 7,02 pada a = 0,01. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, nilai F regresi melebihi nilai F tabel, baik pada a = 0,05 maupun a = 0,01, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak, artinya variabel bebas (prediktor) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (kriterium). Selain itu, efektivitas garis regresi menunjukkan persentase sebesar 85,75%. Dengan demikian, pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh signifikan sebesar 85,75% terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Islam Sunan Bonang .
Abstract
Proses pembelajaran dan hasilnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor fasilitas belajar. Fasilitas belajar meliputi semua peralatan yang diperlukan dalam proses belajar mengajar agar pencapaian tujuan pembelajaran dapat berjalan lancar, teratur, efektif, dan efisien sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Fasilitas belajar yang mendukung kegiatan belajar peserta didik akan menyebabkan proses belajar mengajar menyenangkan dan memperoleh hasil belajar yang diharapkan. SMP Islam Sunan Bonang menyediakan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa agar dapat menumbuhkan, mengembangkan dirinya sesuai dengan bakat dan kemampuan sebagai manusia seutuhnya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 183 orang siswa. Dari populasi tersebut ditentukan sampel melalui teknik random sampling sebanyak 70 orang siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket / kuesioner serta dokumentasi. Data utama penelitian ini, yaitu pemanfaatan fasilitas belajar dan hasil belajar IPS, dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana. Sebelum dilakukan analisis, data utama penelitian ini dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linearitas dan data utama penelitian ini juga telah memenuhi kelima pengujian prasyarat tersebut. Setelah dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F regresi adalah 409,304 dengan tingkat signifikansi 0,000% dan F tabel menunjukkan nilai 3,98 pada a = 0,05 dan 7,02 pada a = 0,01. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, nilai F regresi melebihi nilai F tabel, baik pada a = 0,05 maupun a = 0,01, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak, artinya variabel bebas (prediktor) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (kriterium). Selain itu, efektivitas garis regresi menunjukkan persentase sebesar 85,75%. Dengan demikian, pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh signifikan sebesar 85,75% terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Islam Sunan Bonang .