PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS MIFTAHUL ULUM BANTAL
Abstract
Pendidikan, nilai dan norma kehidupan bermasyarakat dimulai dalam lingkungan keluarga, untuk perkembangan kepribadian anak yang sempurna mereka harus tumbuh dalam lingkungan keluarga dalam suatu iklim kebahagian, penuh kasih sayang dan pengertian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar. Setelah menganalisis data pengujian hipotesis, didapat nilai tingkat koefisien korelasi antara kedua variabel bebas secara serempak dengan kriteriumnya yaitu Ry(1,2) sebesar 0,856, sedangkan koefisien korelasi antara X1 dengan Y adalah Ry1 sebesar 0,406 koefisien korelasi antara X2 dengan Y adalah Ry2 sebesar 0,844 selanjutnya membuktikan hipotesis kerja mayor dengan menggunakan uji F, hipotesis kerja mayor akan terbukti apabila Fhitung > Ftabel. Dari perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 105,403 sedangkan Ftabel sebesar 3,11 pada N = 80 dengan taraf signifikansi 5 % berarti Fhitung > Ftabel sehingga dapat dikatakan ada pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar.
Abstract
Pendidikan, nilai dan norma kehidupan bermasyarakat dimulai dalam lingkungan keluarga, untuk perkembangan kepribadian anak yang sempurna mereka harus tumbuh dalam lingkungan keluarga dalam suatu iklim kebahagian, penuh kasih sayang dan pengertian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar. Setelah menganalisis data pengujian hipotesis, didapat nilai tingkat koefisien korelasi antara kedua variabel bebas secara serempak dengan kriteriumnya yaitu Ry(1,2) sebesar 0,856, sedangkan koefisien korelasi antara X1 dengan Y adalah Ry1 sebesar 0,406 koefisien korelasi antara X2 dengan Y adalah Ry2 sebesar 0,844 selanjutnya membuktikan hipotesis kerja mayor dengan menggunakan uji F, hipotesis kerja mayor akan terbukti apabila Fhitung > Ftabel. Dari perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 105,403 sedangkan Ftabel sebesar 3,11 pada N = 80 dengan taraf signifikansi 5 % berarti Fhitung > Ftabel sehingga dapat dikatakan ada pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar.