PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SEMESTER 1 DI SMP NEGERI 5 PANJI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • dassucik dassucik STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Pembelajaran true or false dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitan peserta didik kelas IX sebanyak 30 peserta didik. Seorang guru IPS dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar peserta didik, hasil observasi guru, hasil observasi peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% peserta didik memperoleh nilai ≥ 70.  Hasil penelitian persentase aktivitas yang dicapai 76 %, sedangkan siklus 1 (Pertemuan Ke-2) skor persentase yang dicapai 77 %. Aktivitas peserta didik pada siklus 1 meningkat 1%. Pada siklus 2 (Pertemuan Ke-1) persentase aktivitas yang dicapai 88 %, sedangkan siklus 2 (Pertemuan Ke-2) persentase aktivitas yang dicapai 90%.  Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran true or false dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dari beberapa indikator yang diamati. Hasil belajar peserta didik pada siklus I belum menunjukkan hasil secara klasikal karena peserta didik yang tuntas 24 peserta didik atau 80 % dari 30 pada siklus 1. Ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas IX kurang antusias sekali dalam pembelajaran masih kurang dari 85% sehingga perlu diadakan siklus II. Berdasarkan siklus II ada peningkatan 7% sehingga persentase pada siklus II mencapai 87%  ada peningkatan hasil belajar peserta didik dibandingkan siklus I sebesar 7 %.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Pembelajaran true or false dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitan peserta didik kelas IX sebanyak 30 peserta didik. Seorang guru IPS dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar peserta didik, hasil observasi guru, hasil observasi peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% peserta didik memperoleh nilai ≥ 70.  Hasil penelitian persentase aktivitas yang dicapai 76 %, sedangkan siklus 1 (Pertemuan Ke-2) skor persentase yang dicapai 77 %. Aktivitas peserta didik pada siklus 1 meningkat 1%. Pada siklus 2 (Pertemuan Ke-1) persentase aktivitas yang dicapai 88 %, sedangkan siklus 2 (Pertemuan Ke-2) persentase aktivitas yang dicapai 90%.  Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran true or false dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dari beberapa indikator yang diamati. Hasil belajar peserta didik pada siklus I belum menunjukkan hasil secara klasikal karena peserta didik yang tuntas 24 peserta didik atau 80 % dari 30 pada siklus 1. Ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas IX kurang antusias sekali dalam pembelajaran masih kurang dari 85% sehingga perlu diadakan siklus II. Berdasarkan siklus II ada peningkatan 7% sehingga persentase pada siklus II mencapai 87%  ada peningkatan hasil belajar peserta didik dibandingkan siklus I sebesar 7 %.

Published
2022-05-27
How to Cite
DASSUCIK, dassucik. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SEMESTER 1 DI SMP NEGERI 5 PANJI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 272-286, may 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1722>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1722.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.