PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN MATRIKS

  • tri astindari STKIP PGRI Situbondo
  • irma noervadila STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Variasi pengajaran yang dapat dilakukan guru selain dalam hal penggunaan media pengajaran merupakan salah satu aspek yang menentukan keberhasilan dan kelancaran kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran matematika pokok bahasan matriks pada siswa kelas X TB semester 2 di SMKN 2 Situbondo  Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitan siswa kelas X TB sebanyak 26 siswa. Seorang guru matematika dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4(empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian Dari beberapa indikator menunjukkan hasil klasikal siswa yang tuntas 13 siswa atau 50% dari 26 siswa. Ini menunjukkan bahwa siswa kelas X TB kurang antusias sekali untuk membaca dan siswa kelas X TB pula dalam hal membaca dapat dikatakan sangat baik. Analisis yang dilakukan terhadap hasil ulangan harian, menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal belum dicapai karena kurang dari 85% sehingga perlu diadakan siklus II. Berdasarkan siklus II pertemuan 1 dan 2 ada peningkatan 4% sehingga persentase pada siklus II dapat diuraikan sebagai berikut: Persentase pada siklus 1  81%  Pada siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan siklus I yaitu 38% peningkatan pada siklus I sehingga daya serap klasikal siswa pada siklus II 88%.

Abstract

Variasi pengajaran yang dapat dilakukan guru selain dalam hal penggunaan media pengajaran merupakan salah satu aspek yang menentukan keberhasilan dan kelancaran kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran matematika pokok bahasan matriks pada siswa kelas X TB semester 2 di SMKN 2 Situbondo  Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitan siswa kelas X TB sebanyak 26 siswa. Seorang guru matematika dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4(empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian Dari beberapa indikator menunjukkan hasil klasikal siswa yang tuntas 13 siswa atau 50% dari 26 siswa. Ini menunjukkan bahwa siswa kelas X TB kurang antusias sekali untuk membaca dan siswa kelas X TB pula dalam hal membaca dapat dikatakan sangat baik. Analisis yang dilakukan terhadap hasil ulangan harian, menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal belum dicapai karena kurang dari 85% sehingga perlu diadakan siklus II. Berdasarkan siklus II pertemuan 1 dan 2 ada peningkatan 4% sehingga persentase pada siklus II dapat diuraikan sebagai berikut: Persentase pada siklus 1  81%  Pada siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan siklus I yaitu 38% peningkatan pada siklus I sehingga daya serap klasikal siswa pada siklus II 88%.

Published
2022-05-23
How to Cite
ASTINDARI, tri; NOERVADILA, irma. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN MATRIKS. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 246-271, may 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1717>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1717.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.