IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 2 SITUBONDO

  • yesi puspitasari STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang Implementasi Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajara siswa pada mata pelajaran biologi kelas X semester ganjil di SMK Negeri 2 Situbondo Tahun pelajaran 2021-2022. Pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan adaptasi model Hopkins, Model skema menggunakan prosedur yang dipandang sebagai siklus spiral.Penelitian menggunakan II siklus pelaksanaan siklus I hasil belajar siswa belum menunjukkan tuntas belajarnya maka akan dilanjutkan ke siklus berikutnya siklus II.Penelitian dilaksanakan bulan juni sampai desember 2021. Alur penelitian meliputi; pendahuluan,tindakan, observasi, refleksi. Lokasi penelitian di SMK Negeri 2 Situbondo, Subyek penelitian adalah siswa kelas X. Teknik pengumpulan data meliputi; Observasi, Tes, Dokumentasi. Hasil penelitian sebelum tindakan dengan 3 aspek meliputi; memperhatikan pelajaran, mengerjakan tugas, bertanya diperoleh bahwa siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan presentase keaktifan siswa 77,78% dan hasil belajar secara klasikal mencapai nilai 60,71%. Adanya peningkatan sebasar 15,67% di bandingkan skor rata-rata aktivitas belajar yang di capai pada pelaksanaan siklus I yaitu 79,76% menjadi 95,63% pada siklus II dengan kriteria keaktivan sangat tinggi sedangkan hasil persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71,43% sedangkan setelah dilaksanakan siklus II persentase hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,71%, hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar sebesar 14,28%.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang Implementasi Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajara siswa pada mata pelajaran biologi kelas X semester ganjil di SMK Negeri 2 Situbondo Tahun pelajaran 2021-2022. Pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan adaptasi model Hopkins, Model skema menggunakan prosedur yang dipandang sebagai siklus spiral.Penelitian menggunakan II siklus pelaksanaan siklus I hasil belajar siswa belum menunjukkan tuntas belajarnya maka akan dilanjutkan ke siklus berikutnya siklus II.Penelitian dilaksanakan bulan juni sampai desember 2021. Alur penelitian meliputi; pendahuluan,tindakan, observasi, refleksi. Lokasi penelitian di SMK Negeri 2 Situbondo, Subyek penelitian adalah siswa kelas X. Teknik pengumpulan data meliputi; Observasi, Tes, Dokumentasi. Hasil penelitian sebelum tindakan dengan 3 aspek meliputi; memperhatikan pelajaran, mengerjakan tugas, bertanya diperoleh bahwa siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan presentase keaktifan siswa 77,78% dan hasil belajar secara klasikal mencapai nilai 60,71%. Adanya peningkatan sebasar 15,67% di bandingkan skor rata-rata aktivitas belajar yang di capai pada pelaksanaan siklus I yaitu 79,76% menjadi 95,63% pada siklus II dengan kriteria keaktivan sangat tinggi sedangkan hasil persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71,43% sedangkan setelah dilaksanakan siklus II persentase hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,71%, hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar sebesar 14,28%.

Published
2022-05-23
How to Cite
PUSPITASARI, yesi. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 2 SITUBONDO. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 231-245, may 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1716>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1716.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.