HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTS SARJI AR RASYID TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • irma noervadila STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan hubungan metode pembelajaran dengan minat belajar siswa Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian siswa di MTs Sarji Ar rasyid. Hasil angket berupa data kuantitatif yang kemudian dianalisis. Untuk mengetahui sejauh mana hubungan metode pembelajaran dengan minat belajar siswa. Dari hasil analisis angket didapat dua subjek penelitian yaitu subjek dengan minat belajar tinggi (ST) dan subjek dengan minat belajar rendah (SR). Pada ST diketahui bahwa ia memiliki minat belajar tinggi dibuktikan dengan ST datang ke sekolah sesuai dengan peraturan sekolah. ST menyukai pelajaran IPS sehingga ST suka mengerjakan tugas dan tidak pernah membolos pada saat jam pembelajaran IPS. Hasil penelitian menujukkan bahwa hubungan antara metode pembelajaran dengan minat belajar siswa adalah positif, artinya semakin baik metode pembelajaran maka minat belajar siswa semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena dengan metode pembelajaran yang jelas dan tearah akan menentukan keberhasilan proses belajar mengajar dan minat belajar siswa akan tinggi sehingga siswa dapat berperan aktif ketika mengikuti mata pelajaran IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan hubungan metode pembelajaran dengan minat belajar siswa Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian siswa di MTs Sarji Ar rasyid. Hasil angket berupa data kuantitatif yang kemudian dianalisis. Untuk mengetahui sejauh mana hubungan metode pembelajaran dengan minat belajar siswa. Dari hasil analisis angket didapat dua subjek penelitian yaitu subjek dengan minat belajar tinggi (ST) dan subjek dengan minat belajar rendah (SR). Pada ST diketahui bahwa ia memiliki minat belajar tinggi dibuktikan dengan ST datang ke sekolah sesuai dengan peraturan sekolah. ST menyukai pelajaran IPS sehingga ST suka mengerjakan tugas dan tidak pernah membolos pada saat jam pembelajaran IPS. Hasil penelitian menujukkan bahwa hubungan antara metode pembelajaran dengan minat belajar siswa adalah positif, artinya semakin baik metode pembelajaran maka minat belajar siswa semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena dengan metode pembelajaran yang jelas dan tearah akan menentukan keberhasilan proses belajar mengajar dan minat belajar siswa akan tinggi sehingga siswa dapat berperan aktif ketika mengikuti mata pelajaran IPS.

Published
2022-02-02
How to Cite
NOERVADILA, irma. HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTS SARJI AR RASYID TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 217224, feb. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1631>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1631.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.