MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTROVERSIAL ISSUES MATERI AJAR TEKS INSPIRASI KELAS IX-A SMP NEGERI 2 KENDIT TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Permasalahan pendidikan selalu muncul bersamaan dengan berkembangnya kemampuan siswa, situasi, dan kondisi lingkungan yang ada. Pengaruh informasi dan kebudayaan serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi turut mempengaruhi proses pendidikan. Guru menjadi kunci dan titik sentral dalam pencapaian misi pembaharuan pendidikan untuk mengatur, mengarahkan, dan menciptakan suasana kegiatan dalam belajar-mengajar agar tercapainya tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat diuraiakan bahwa bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran controversial issues materi ajar teks Inspirasi kelas IX-A SMP Negeri 2 Kendit tahun pelajaran 2018/2019?. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTK dengan berkolaborasi dengan guru yang dilakukan 2 siklus. Dalam PTK ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 25% dari 67% siklus I menjadi 92% siklus II melalui strategi pembelajaran controversial issues materi ajar teks Inspirasi kelas IX-A SMP Negeri 2 Kendit tahun pelajaran 2018/2019.
Abstract
Permasalahan pendidikan selalu muncul bersamaan dengan berkembangnya kemampuan siswa, situasi, dan kondisi lingkungan yang ada. Pengaruh informasi dan kebudayaan serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi turut mempengaruhi proses pendidikan. Guru menjadi kunci dan titik sentral dalam pencapaian misi pembaharuan pendidikan untuk mengatur, mengarahkan, dan menciptakan suasana kegiatan dalam belajar-mengajar agar tercapainya tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat diuraiakan bahwa bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran controversial issues materi ajar teks Inspirasi kelas IX-A SMP Negeri 2 Kendit tahun pelajaran 2018/2019?. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTK dengan berkolaborasi dengan guru yang dilakukan 2 siklus. Dalam PTK ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 25% dari 67% siklus I menjadi 92% siklus II melalui strategi pembelajaran controversial issues materi ajar teks Inspirasi kelas IX-A SMP Negeri 2 Kendit tahun pelajaran 2018/2019.