PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL-IRSYAD KOTO BARU KABUPATEN DHARMASRAYA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan bahasa anak hal ini disebabkan kurangnya stimulus anak untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk itu melihat pengaruh penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun semester II di TK IT Al-Irsyad Koto Baru Kabupaten Dharmasraya tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Design jenis post-test-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas Ibnu Sina dan kelas Ibnu Rusyd dengan jumlah 40 orang anak. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan lembar pengamatan dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independent sample t-test SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan metode bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Irsyad Koto Baru Kabupaten Dharmasraya dengan taraf signifikan 0,000 < 00,5 artinya Ho ditolak Ha diterima.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan bahasa anak hal ini disebabkan kurangnya stimulus anak untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk itu melihat pengaruh penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun semester II di TK IT Al-Irsyad Koto Baru Kabupaten Dharmasraya tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Design jenis post-test-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas Ibnu Sina dan kelas Ibnu Rusyd dengan jumlah 40 orang anak. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan lembar pengamatan dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independent sample t-test SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan metode bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Irsyad Koto Baru Kabupaten Dharmasraya dengan taraf signifikan 0,000 < 00,5 artinya Ho ditolak Ha diterima.