PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL-IRSYAD KOTO BARU KABUPATEN DHARMASRAYA

  • yunani yunani universitas dharmas indonesia
  • Agus Saputra universitas dharmas indonesia
  • Ana Novitasari universitas dharmas indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan bahasa anak hal ini disebabkan kurangnya stimulus anak untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk itu melihat pengaruh penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun semester II di TK IT Al-Irsyad Koto Baru Kabupaten Dharmasraya tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Design jenis post-test-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas Ibnu Sina dan kelas Ibnu Rusyd dengan jumlah 40 orang anak. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan lembar pengamatan dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independent sample t-test SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan metode bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Irsyad Koto Baru Kabupaten Dharmasraya dengan taraf signifikan 0,000 < 00,5 artinya Ho ditolak Ha diterima.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan bahasa anak hal ini disebabkan kurangnya stimulus anak untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk itu melihat pengaruh penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun semester II di TK IT Al-Irsyad Koto Baru Kabupaten Dharmasraya tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Design jenis post-test-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas Ibnu Sina dan kelas Ibnu Rusyd dengan jumlah 40 orang anak. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan lembar pengamatan dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independent sample t-test SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan metode bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Irsyad Koto Baru Kabupaten Dharmasraya dengan taraf signifikan 0,000 < 00,5 artinya Ho ditolak Ha diterima.

Published
2022-02-15
How to Cite
YUNANI, yunani; SAPUTRA, Agus; NOVITASARI, Ana. PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL-IRSYAD KOTO BARU KABUPATEN DHARMASRAYA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 175-182, feb. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1618>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1618.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.