PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERSTIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD GUGUS V TEGALDLIMO

  • harun arrasyid Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi
  • Andi Wapa Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi
  • Dwi Meikrista Diah Pratiw Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan dua kelompok perlakuan yang berbeda yaitu kelompok control yang diberikan perlakuan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw sedangkan kelompok regular menggunakan metode konvensional. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas IV gugus V kecamatan Tegaldlimo yang terdiri dari 5 sekolah. Dari hasil analisis data tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD gugus V Tegaldlimo dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 58,57 dan pada kelas eksperimen sebesar 89,17. Sedangkan nilai KKM mata pelajaran matematika di gugus V Tegaldlimo adalah 60,00. 2. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada kelas eksperimen


yang menunjukkan nilai rata-rata post test sebesar 89,17. Nilai tersebut lebih besar dari nilai


KKM yang telah ditentukan yaitu 60.00. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar


matematika kelas IV SD gugus V tahun pelajaran 2019/2020 menggunakan model pembelajaran


konvensional dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Nilai rata-rata


kelas kontrol (konvensional) 58,57 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperiman (kooperatif tipe


jigsaw) 89,17. Selisih rata-rata keduanya sebesar 30,60. Dengan demikian terdapat peningkatan


nilai sebesar 30,60 dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw jika dibandingkan dengan


menggunakan model pembelajaran konvensional.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan dua kelompok perlakuan yang berbeda yaitu kelompok control yang diberikan perlakuan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw sedangkan kelompok regular menggunakan metode konvensional. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas IV gugus V kecamatan Tegaldlimo yang terdiri dari 5 sekolah. Dari hasil analisis data tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD gugus V Tegaldlimo dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 58,57 dan pada kelas eksperimen sebesar 89,17. Sedangkan nilai KKM mata pelajaran matematika di gugus V Tegaldlimo adalah 60,00. 2. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada kelas eksperimen


yang menunjukkan nilai rata-rata post test sebesar 89,17. Nilai tersebut lebih besar dari nilai


KKM yang telah ditentukan yaitu 60.00. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar


matematika kelas IV SD gugus V tahun pelajaran 2019/2020 menggunakan model pembelajaran


konvensional dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Nilai rata-rata


kelas kontrol (konvensional) 58,57 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperiman (kooperatif tipe


jigsaw) 89,17. Selisih rata-rata keduanya sebesar 30,60. Dengan demikian terdapat peningkatan


nilai sebesar 30,60 dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw jika dibandingkan dengan


menggunakan model pembelajaran konvensional.

Published
2022-03-15
How to Cite
ARRASYID, harun; WAPA, Andi; PRATIW, Dwi Meikrista Diah. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERSTIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD GUGUS V TEGALDLIMO. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 153-158, mar. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1612>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1612.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.