MENINGKATKAN PRESTASI DAN MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN MASTERY LEARNING SISWA KELAS VI SEMESTER I DI SD NEGERI 2 KALIREJO SUMBERMALANG PADA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Berdasarkan observasi di SD Negeri 2 Kalirejo Sumbermalang selama ini, sebagian besar siswa kelas VI mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal Perpangkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa, baik dilihat dari nilai hasil ulangan maupun tes sumatif. Nilai sumatif kelas VI di SD Negeri 2 Kalirejo Sumbermalang Tahun Pelajaran 2018/2019, rata-rata yang diperoleh lebih rendah jika dibanding rata-rata mata pelajaran lain. Diharapkan dengan pengalaman guru melalui Pendekatan mastery learning hasil belajar siswa dapat ditingkatkan sehingga mencapai KKM sebesar 70. Berdasarkan uraian latar belakang, masalah penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: Bagaimanakah peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika melalui penerapan Pendekatan mastery learning siswa Kelas VI Semester I di SD Negeri 2 Kalirejo Sumbermalang Pada Tahun Pelajaran 2018/2019? dan Bagaimanakah peningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika melalui penerapan Pendekatan mastery learning siswa Kelas VI Semester I di SD Negeri 2 Kalirejo Sumbermalang Pada Tahun Pelajaran 2018/2019? Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut: Ada peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika melalui penerapan Pendekatan mastery learning siswa Kelas VI Semester I di SD Negeri 2 Kalirejo Sumbermalang Pada Tahun Pelajaran 2018/2019 mencapai 57% pada prasiklus meningkat 11% sehingga mencapai 68% siklus I meningkat 21% sehingga mencapai 89% siklus II dan Ada peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika melalui penerapan Pendekatan mastery learning siswa Kelas VI Semester I di SD Negeri 2 Kalirejo Sumbermalang Pada Tahun Pelajaran 2018/2019 mencapai 57% prasiklus meningkat 7% pda siklus I mencapai 64% dan meningkat 20% menjadi 80% siklus II.
Abstract
Berdasarkan observasi di SD Negeri 2 Kalirejo Sumbermalang selama ini, sebagian besar siswa kelas VI mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal Perpangkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa, baik dilihat dari nilai hasil ulangan maupun tes sumatif. Nilai sumatif kelas VI di SD Negeri 2 Kalirejo Sumbermalang Tahun Pelajaran 2018/2019, rata-rata yang diperoleh lebih rendah jika dibanding rata-rata mata pelajaran lain. Diharapkan dengan pengalaman guru melalui Pendekatan mastery learning hasil belajar siswa dapat ditingkatkan sehingga mencapai KKM sebesar 70. Berdasarkan uraian latar belakang, masalah penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: Bagaimanakah peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika melalui penerapan Pendekatan mastery learning siswa Kelas VI Semester I di SD Negeri 2 Kalirejo Sumbermalang Pada Tahun Pelajaran 2018/2019? dan Bagaimanakah peningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika melalui penerapan Pendekatan mastery learning siswa Kelas VI Semester I di SD Negeri 2 Kalirejo Sumbermalang Pada Tahun Pelajaran 2018/2019? Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut: Ada peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika melalui penerapan Pendekatan mastery learning siswa Kelas VI Semester I di SD Negeri 2 Kalirejo Sumbermalang Pada Tahun Pelajaran 2018/2019 mencapai 57% pada prasiklus meningkat 11% sehingga mencapai 68% siklus I meningkat 21% sehingga mencapai 89% siklus II dan Ada peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika melalui penerapan Pendekatan mastery learning siswa Kelas VI Semester I di SD Negeri 2 Kalirejo Sumbermalang Pada Tahun Pelajaran 2018/2019 mencapai 57% prasiklus meningkat 7% pda siklus I mencapai 64% dan meningkat 20% menjadi 80% siklus II.