UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH INDONESIA MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XII AK3 POKOK BAHASAN UPAYA BANGSA INDONESIA MENGHADAPI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSASMK NEGERI 1 PANJI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2

  • dian agustina SMKN 1 PANJI

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 1 Panji Situbondo khususnya siswa Kelas XII AK-3 hasil pembelajaran masih dibawah rata-rata. Hal ini sesuai dengan hasil observasi yang menunjukkan bahwa pembelajaran di SMK Negeri 1 Panji Situbondo khususnya siswa Kelas XII AK3 masih di bawah rata-rata hasil belajarnya. Hal ini disebabkan karena (1) Guru jarang membentuk kelompok bahkan tidak pernah menggunakan model-model pembelajaran yang bervariasi sehingga membuat siswa terkesan bosan, (2) kurang adanya diskusi antara siswa dengan guru sehingga dalam kelas terasa hening dan kaku, (3) materi yang diajarkan kurang mengacu pada pengalaman siswa, guru masih menggunakan teks book dalam mengajar, (4) guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan penerapannya sendiri, (5) dalam membentuk kelompok kurang heterogen dalam memilih anggota kelompok. Berdasarkan uraian latar belakang, masalah penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: Bagaimanakah upaya meningkatkan motivasi belajar sejarah Indonesia melalui metode group investigation pada siswa Kelas XII AK3 pokok bahasan upaya bangsa indonesia menghadapi ancaman disintegrasi bangsa SMK Negeri 1 Panji semester genap tahun ajaran 2017/2018? dan Bagaimanakah upaya meningkatkan prestasi belajar sejarah Indonesia melalui metode group investigation pada siswa Kelas XII AK3 pokok bahasan upaya bangsa indonesia menghadapi ancaman disintegrasi bangsa SMK Negeri 1 Panji semester genap tahun ajaran 2017/2018? Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTK dengan berkolaborasi dengan guru yang ditetapkan 2 siklus. Dalam PTK ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut: Upaya meningkatkan motivasi belajar sejarah Indonesia mencapai 24% melalui metode group investigation pada siswa Kelas XII AK3 pokok bahasan upaya bangsa indonesia menghadapi ancaman disintegrasi bangsa SMK Negeri 1 Panji semester genap tahun ajaran 2017/2018. Upaya meningkatkan prestasi belajar sejarah Indonesia mencapai 22% melalui metode group investigation pada siswa Kelas XII AK3 pokok bahasan upaya bangsa indonesia menghadapi ancaman disintegrasi bangsa SMK Negeri 1 Panji semester genap tahun ajaran 2017/2018.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 1 Panji Situbondo khususnya siswa Kelas XII AK-3 hasil pembelajaran masih dibawah rata-rata. Hal ini sesuai dengan hasil observasi yang menunjukkan bahwa pembelajaran di SMK Negeri 1 Panji Situbondo khususnya siswa Kelas XII AK3 masih di bawah rata-rata hasil belajarnya. Hal ini disebabkan karena (1) Guru jarang membentuk kelompok bahkan tidak pernah menggunakan model-model pembelajaran yang bervariasi sehingga membuat siswa terkesan bosan, (2) kurang adanya diskusi antara siswa dengan guru sehingga dalam kelas terasa hening dan kaku, (3) materi yang diajarkan kurang mengacu pada pengalaman siswa, guru masih menggunakan teks book dalam mengajar, (4) guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan penerapannya sendiri, (5) dalam membentuk kelompok kurang heterogen dalam memilih anggota kelompok. Berdasarkan uraian latar belakang, masalah penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: Bagaimanakah upaya meningkatkan motivasi belajar sejarah Indonesia melalui metode group investigation pada siswa Kelas XII AK3 pokok bahasan upaya bangsa indonesia menghadapi ancaman disintegrasi bangsa SMK Negeri 1 Panji semester genap tahun ajaran 2017/2018? dan Bagaimanakah upaya meningkatkan prestasi belajar sejarah Indonesia melalui metode group investigation pada siswa Kelas XII AK3 pokok bahasan upaya bangsa indonesia menghadapi ancaman disintegrasi bangsa SMK Negeri 1 Panji semester genap tahun ajaran 2017/2018? Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTK dengan berkolaborasi dengan guru yang ditetapkan 2 siklus. Dalam PTK ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut: Upaya meningkatkan motivasi belajar sejarah Indonesia mencapai 24% melalui metode group investigation pada siswa Kelas XII AK3 pokok bahasan upaya bangsa indonesia menghadapi ancaman disintegrasi bangsa SMK Negeri 1 Panji semester genap tahun ajaran 2017/2018. Upaya meningkatkan prestasi belajar sejarah Indonesia mencapai 22% melalui metode group investigation pada siswa Kelas XII AK3 pokok bahasan upaya bangsa indonesia menghadapi ancaman disintegrasi bangsa SMK Negeri 1 Panji semester genap tahun ajaran 2017/2018.

Published
2022-03-15
How to Cite
AGUSTINA, dian. UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH INDONESIA MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XII AK3 POKOK BAHASAN UPAYA BANGSA INDONESIA MENGHADAPI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSASMK NEGERI 1 PANJI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 102-114, mar. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1558>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1558.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.