PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA TEMA 8 MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 07 SITIUNG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Bahasa Indonesia dalam pembahasan materi menulis karangan sederhana, dimana pengetahuan siswa yang masih sedikit tentang menulis karangan sederhana, sehingga pembelajaran masih belum optimal. Kurang tepatnya media yang digunakan pada proses pembelajaran. Oleh karena itu nilai rata-rata siswa banyak dibawah Kriteria Ketuntasan Maksimal. Untuk itu, peneliti melakukan suatu penelitian menggunakan media Gambar Seri terhadap keterampilan menulis karangan sederhana tema 8 pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 07 Sitiung. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental design. Desain penelitian ini adalah one group pretet-postest design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 07 Sitiung. Waktu dilaksananya penelitian ini pada semester II Tahun Ajaran 2021, disesuaikan pada jadwal tematik muatan Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 07 Sitiung. Sampel pada penelitian ini berjunlah 17 orang siswa. Hasil uji paired sampels t test dengan taraf signifikansi 95% (α = 0,05). Berdasarkan tabel 4.7 dapat dilihat bahwa sig.(2-tailed) = 0,002 dalam hal ini berarti bahwa p value kurang dari α atau (0,002<0,05). Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, p value <0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat bahwa terdapat Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis karangan Sederhana Tema 8 Muatan Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 07 Sitiung. Berdasarkan penelitian, bahwa media Gambar Seri memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Media Gambar Seri dapat digunakan guru untuk pembelajaran menulis karangan sederhana, sehingga dapat membantu siswa dalam menuangkan ide atau gagasan kedalam bentuk tulisan.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Bahasa Indonesia dalam pembahasan materi menulis karangan sederhana, dimana pengetahuan siswa yang masih sedikit tentang menulis karangan sederhana, sehingga pembelajaran masih belum optimal. Kurang tepatnya media yang digunakan pada proses pembelajaran. Oleh karena itu nilai rata-rata siswa banyak dibawah Kriteria Ketuntasan Maksimal. Untuk itu, peneliti melakukan suatu penelitian menggunakan media Gambar Seri terhadap keterampilan menulis karangan sederhana tema 8 pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 07 Sitiung. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental design. Desain penelitian ini adalah one group pretet-postest design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 07 Sitiung. Waktu dilaksananya penelitian ini pada semester II Tahun Ajaran 2021, disesuaikan pada jadwal tematik muatan Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 07 Sitiung. Sampel pada penelitian ini berjunlah 17 orang siswa. Hasil uji paired sampels t test dengan taraf signifikansi 95% (α = 0,05). Berdasarkan tabel 4.7 dapat dilihat bahwa sig.(2-tailed) = 0,002 dalam hal ini berarti bahwa p value kurang dari α atau (0,002<0,05). Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, p value <0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat bahwa terdapat Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis karangan Sederhana Tema 8 Muatan Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 07 Sitiung. Berdasarkan penelitian, bahwa media Gambar Seri memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Media Gambar Seri dapat digunakan guru untuk pembelajaran menulis karangan sederhana, sehingga dapat membantu siswa dalam menuangkan ide atau gagasan kedalam bentuk tulisan.