MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII-A SMP NEGERI 1 PANARUKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • sri andayani SMP Negeri 1 Panarukan

Abstract

Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw  Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Panarukan Tahun Pelajaran 2018/2019.Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan saat proses pembelajaran dan berdasarkan hasil ulangan harian  sebelum penelitian di kelas VII-A SMP Negeri 1 Panarukan menunjukkan hasil  belajar yang masih rendah . Kurang aktifnya siswa berdasarkan hasil refleksi yang peneliti lakukan disebabkan karena peneliti rasakan kurang menggunakan model dan media serta sumber belajar yang beragam sehingga siswa tergantung pada guru, mungkin ini yang menjadi penyebab rendahnya nilai Ulangan Harian  sebelum penelitian  Karena  siswa yang mencapai nilai  ≥75  kurang dari 75%  dari jumlah  siswa maka  pembelajaran IPS   kelas VII-A SMP Negeri 1 Panarukan pada ulangan harian sebelum dilaksanakan penelitian  secara klasikal belum tuntas.Berdasarkan uraian di atas penulis  melaksanakan penelitian tindakan kelas berjudul “Meningkatkan Hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kooperAtif  model  Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS   di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Panarukan”. Penulis memilih model pembelajaran Kooperatif Tipe  Jigsaw hal ini dengan pertimbangan tingkat penguasaan konsep  siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Panarukan masih  rendah,  Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Jigsaw pada materi pelajaran IPS memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (71,88%), siklus II (90,63%).. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Jigsaw  Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Panarukan.

Abstract

Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw  Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Panarukan Tahun Pelajaran 2018/2019.Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan saat proses pembelajaran dan berdasarkan hasil ulangan harian  sebelum penelitian di kelas VII-A SMP Negeri 1 Panarukan menunjukkan hasil  belajar yang masih rendah . Kurang aktifnya siswa berdasarkan hasil refleksi yang peneliti lakukan disebabkan karena peneliti rasakan kurang menggunakan model dan media serta sumber belajar yang beragam sehingga siswa tergantung pada guru, mungkin ini yang menjadi penyebab rendahnya nilai Ulangan Harian  sebelum penelitian  Karena  siswa yang mencapai nilai  ≥75  kurang dari 75%  dari jumlah  siswa maka  pembelajaran IPS   kelas VII-A SMP Negeri 1 Panarukan pada ulangan harian sebelum dilaksanakan penelitian  secara klasikal belum tuntas.Berdasarkan uraian di atas penulis  melaksanakan penelitian tindakan kelas berjudul “Meningkatkan Hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kooperAtif  model  Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS   di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Panarukan”. Penulis memilih model pembelajaran Kooperatif Tipe  Jigsaw hal ini dengan pertimbangan tingkat penguasaan konsep  siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Panarukan masih  rendah,  Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Jigsaw pada materi pelajaran IPS memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (71,88%), siklus II (90,63%).. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Jigsaw  Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Panarukan.

Published
2022-02-14
How to Cite
ANDAYANI, sri. MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII-A SMP NEGERI 1 PANARUKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 78-82, feb. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1550>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1550.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.