UPAYA MEMPERKENALKAN KONSEP MODEL PEMBELAJARAN PADA GURU SD NEGERI 1 SELOMUKTI MLANDINGAN SITUBONDO GUNA PENINGKATAN MUTU DI SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
SD Negeri 1 Selomukti Mlandingan Situbondo, faktor penyebabnya adalah kebanyakan guru-guru kurang menguasai pembelajaran dan ketrampilan penggunaan media serta sumber belajar yang ada sehingga pembelajaran yang mereka laksanakan masih didominasi dengan cara mentrasfer dari pada menciptakan pembelajaran yang memberi kesempatan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya. Berdasarkan uraian latar belakang, masalah penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: Bagaimanakah memperkenalkan konsep model pembelajaran pada guru SD Negeri 1 Selomukti Mlandingan Situbondo guna peningkatan mutu di sekolah tahun pelajaran 2019/2020? dan Bagaimanakah setelah mengetahui konsep model pembelajaran pada guru SD Negeri 1 Selomukti Mlandingan Situbondo guna peningkatan mutu di sekolah tahun pelajaran 2019/2020? Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut: Pelatihan Model Pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan dan kinerja guru dalam menyususun, mendesain dan menggunakan model pembelajaran pada wilayah sekolah SD Negeri 1 Selomukti Mlandingan Situbondo. Peningkatan kemampuan dan kinerja guru dalam menyususun, mendesain dan menggunakan model pembelajaran berdampak pada peningkatan hasil belajar matematika siswa pada wilayah SD Negeri 1 Selomukti Mlandingan Situbondo dan Guru memberikan respon sangat positif terhadap kegiatan penyusuan model pembelajaran melalui workshop pelatihan model Pembelajaran. Dengan demikian kegiatan workshop memberikan dampak positif terhadap kinerja guru dalam menyusun model pembelajaran.
Abstract
SD Negeri 1 Selomukti Mlandingan Situbondo, faktor penyebabnya adalah kebanyakan guru-guru kurang menguasai pembelajaran dan ketrampilan penggunaan media serta sumber belajar yang ada sehingga pembelajaran yang mereka laksanakan masih didominasi dengan cara mentrasfer dari pada menciptakan pembelajaran yang memberi kesempatan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya. Berdasarkan uraian latar belakang, masalah penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: Bagaimanakah memperkenalkan konsep model pembelajaran pada guru SD Negeri 1 Selomukti Mlandingan Situbondo guna peningkatan mutu di sekolah tahun pelajaran 2019/2020? dan Bagaimanakah setelah mengetahui konsep model pembelajaran pada guru SD Negeri 1 Selomukti Mlandingan Situbondo guna peningkatan mutu di sekolah tahun pelajaran 2019/2020? Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut: Pelatihan Model Pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan dan kinerja guru dalam menyususun, mendesain dan menggunakan model pembelajaran pada wilayah sekolah SD Negeri 1 Selomukti Mlandingan Situbondo. Peningkatan kemampuan dan kinerja guru dalam menyususun, mendesain dan menggunakan model pembelajaran berdampak pada peningkatan hasil belajar matematika siswa pada wilayah SD Negeri 1 Selomukti Mlandingan Situbondo dan Guru memberikan respon sangat positif terhadap kegiatan penyusuan model pembelajaran melalui workshop pelatihan model Pembelajaran. Dengan demikian kegiatan workshop memberikan dampak positif terhadap kinerja guru dalam menyusun model pembelajaran.