EFEKTIFITAS PENILAIAN RANAH AFEKTIF OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SISWA SMP NEGERI 1 SUBOH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MENGGUNAKAN MEDIA BUKU SAKU
Abstract
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ Efektifitas Penilaian Ranah Afektif Oleh Guru Bimbingan Konseling Pada Siswa SMP Negeri 1 Suboh Tahun Pelajaran 2017/2018 Menggunakan Media Buku Saku”. simpulan bahwa penggunaan buku saku di SMP Negeri 1 Suboh Situbondo memiliki segudang manfaat, terlebih pada guru layanan bimbingan konseling. Bentuk manfaat atau efektivitas dan efisiensi yang diperloreh antara lain : menghemat waktu dalam melakukan penilaian ranah afektif pada siswa, memiliki bukti otentik sebagai dasar pemberian nilai afektif pada siswa, serta dapat mengajak wali siswa berpartisipasi aktif untuk mengontrol aktivitas siswa selama di sekolah melalui catatan yang tertuang dalam buku saku. Lebih jauh manfaat yang dirasakan adalah dapat meminimalisir atau menlakukan pencegahan awal terjadinya kenakalan remaja. Dari penjelasan singkat tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan buku saku di SMP Negeri 1 Suboh Situbondo sangat efektif untuk memberikan penilaian khususnya ranah afektif oleh guru bimbingan dan konseling.
Abstract
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ Efektifitas Penilaian Ranah Afektif Oleh Guru Bimbingan Konseling Pada Siswa SMP Negeri 1 Suboh Tahun Pelajaran 2017/2018 Menggunakan Media Buku Saku”. simpulan bahwa penggunaan buku saku di SMP Negeri 1 Suboh Situbondo memiliki segudang manfaat, terlebih pada guru layanan bimbingan konseling. Bentuk manfaat atau efektivitas dan efisiensi yang diperloreh antara lain : menghemat waktu dalam melakukan penilaian ranah afektif pada siswa, memiliki bukti otentik sebagai dasar pemberian nilai afektif pada siswa, serta dapat mengajak wali siswa berpartisipasi aktif untuk mengontrol aktivitas siswa selama di sekolah melalui catatan yang tertuang dalam buku saku. Lebih jauh manfaat yang dirasakan adalah dapat meminimalisir atau menlakukan pencegahan awal terjadinya kenakalan remaja. Dari penjelasan singkat tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan buku saku di SMP Negeri 1 Suboh Situbondo sangat efektif untuk memberikan penilaian khususnya ranah afektif oleh guru bimbingan dan konseling.