MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU TERPADU DI KELAS VI SD NEGERI 1 SELOMUKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS terpadu Di Kelas VI SD Negeri 1 Selomukti Tahun Pelajaran 2019/2020.Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan saat proses pembelajaran dan berdasarkan hasil ulangan harian sebelum penelitian di kelas VI SD Negeri 1 Selomukti menunjukkan hasil belajar yang masih rendah . Kurang aktifnya siswa berdasarkan hasil refleksi yang peneliti lakukan disebabkan karena peneliti rasakan kurang menggunakan model dan media serta sumber belajar yang beragam sehingga siswa tergantung pada guru, mungkin ini yang menjadi penyebab rendahnya nilai Ulangan Harian sebelum penelitian Karena siswa yang mencapai nilai ≥75 kurang dari 75% dari jumlah siswa maka pembelajaran IPS terpadu kelas VI SD Negeri 1 Selomukti pada ulangan harian sebelum dilaksanakan penelitian secara klasikal belum tuntas.Berdasarkan uraian di atas penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas berjudul “Meningkatkan Hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kooperAtif model Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS terpadu di Kelas VI SD Negeri 1 Selomukti”. Penulis memilih model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw hal ini dengan pertimbangan tingkat penguasaan konsep siswa kelas VI SD Negeri 1 Selomukti masih rendah, Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Jigsaw pada materi pelajaran IPS terpadu memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (71,88%), siklus II (90,63%).. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Jigsaw Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terpadu Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Selomukti.
Abstract
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS terpadu Di Kelas VI SD Negeri 1 Selomukti Tahun Pelajaran 2019/2020.Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan saat proses pembelajaran dan berdasarkan hasil ulangan harian sebelum penelitian di kelas VI SD Negeri 1 Selomukti menunjukkan hasil belajar yang masih rendah . Kurang aktifnya siswa berdasarkan hasil refleksi yang peneliti lakukan disebabkan karena peneliti rasakan kurang menggunakan model dan media serta sumber belajar yang beragam sehingga siswa tergantung pada guru, mungkin ini yang menjadi penyebab rendahnya nilai Ulangan Harian sebelum penelitian Karena siswa yang mencapai nilai ≥75 kurang dari 75% dari jumlah siswa maka pembelajaran IPS terpadu kelas VI SD Negeri 1 Selomukti pada ulangan harian sebelum dilaksanakan penelitian secara klasikal belum tuntas.Berdasarkan uraian di atas penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas berjudul “Meningkatkan Hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kooperAtif model Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS terpadu di Kelas VI SD Negeri 1 Selomukti”. Penulis memilih model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw hal ini dengan pertimbangan tingkat penguasaan konsep siswa kelas VI SD Negeri 1 Selomukti masih rendah, Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Jigsaw pada materi pelajaran IPS terpadu memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (71,88%), siklus II (90,63%).. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Jigsaw Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terpadu Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Selomukti.