MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU TERPADU DI KELAS VI SD NEGERI 1 SELOMUKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • sudarsiyatun sudarsiyatun SD NEGERI 1 SELOMUKTI

Abstract

Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw  Pada Mata Pelajaran IPS terpadu Di Kelas VI  SD Negeri 1 Selomukti Tahun Pelajaran 2019/2020.Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan saat proses pembelajaran dan berdasarkan hasil ulangan harian  sebelum penelitian di kelas VI  SD Negeri 1 Selomukti menunjukkan hasil  belajar yang masih rendah . Kurang aktifnya siswa berdasarkan hasil refleksi yang peneliti lakukan disebabkan karena peneliti rasakan kurang menggunakan model dan media serta sumber belajar yang beragam sehingga siswa tergantung pada guru, mungkin ini yang menjadi penyebab rendahnya nilai Ulangan Harian  sebelum penelitian  Karena  siswa yang mencapai nilai  ≥75  kurang dari 75%  dari jumlah  siswa maka  pembelajaran IPS terpadu   kelas VI  SD Negeri 1 Selomukti pada ulangan harian sebelum dilaksanakan penelitian secara klasikal belum tuntas.Berdasarkan uraian di atas penulis  melaksanakan penelitian tindakan kelas berjudul “Meningkatkan Hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kooperAtif  model  Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS terpadu   di Kelas VI  SD Negeri 1 Selomukti”. Penulis memilih model pembelajaran Kooperatif Tipe  Jigsaw hal ini dengan pertimbangan tingkat penguasaan konsep  siswa kelas VI  SD Negeri 1 Selomukti masih  rendah,  Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Jigsaw pada materi pelajaran IPS terpadu memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (71,88%), siklus II (90,63%).. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Jigsaw  Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terpadu Siswa Kelas VI  SD Negeri 1 Selomukti.

Abstract

Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw  Pada Mata Pelajaran IPS terpadu Di Kelas VI  SD Negeri 1 Selomukti Tahun Pelajaran 2019/2020.Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan saat proses pembelajaran dan berdasarkan hasil ulangan harian  sebelum penelitian di kelas VI  SD Negeri 1 Selomukti menunjukkan hasil  belajar yang masih rendah . Kurang aktifnya siswa berdasarkan hasil refleksi yang peneliti lakukan disebabkan karena peneliti rasakan kurang menggunakan model dan media serta sumber belajar yang beragam sehingga siswa tergantung pada guru, mungkin ini yang menjadi penyebab rendahnya nilai Ulangan Harian  sebelum penelitian  Karena  siswa yang mencapai nilai  ≥75  kurang dari 75%  dari jumlah  siswa maka  pembelajaran IPS terpadu   kelas VI  SD Negeri 1 Selomukti pada ulangan harian sebelum dilaksanakan penelitian secara klasikal belum tuntas.Berdasarkan uraian di atas penulis  melaksanakan penelitian tindakan kelas berjudul “Meningkatkan Hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kooperAtif  model  Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS terpadu   di Kelas VI  SD Negeri 1 Selomukti”. Penulis memilih model pembelajaran Kooperatif Tipe  Jigsaw hal ini dengan pertimbangan tingkat penguasaan konsep  siswa kelas VI  SD Negeri 1 Selomukti masih  rendah,  Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Jigsaw pada materi pelajaran IPS terpadu memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (71,88%), siklus II (90,63%).. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Jigsaw  Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terpadu Siswa Kelas VI  SD Negeri 1 Selomukti.

Published
2022-02-02
How to Cite
SUDARSIYATUN, sudarsiyatun. MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU TERPADU DI KELAS VI SD NEGERI 1 SELOMUKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 49-56, feb. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1546>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1546.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.