PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SEMESTER I KELAS VI DI SD NEGERI 1 TRIBUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • asmiyatun asmiyatun SD NEGERI 1 TRIBUNGAN

Abstract

Peneliti pada saat observasi kelas VI  yang masih kurang mampu memahami materi dengan cepat disebabkan siswa kurang mampu untuk membaca cepat sehingga menghalangi untuk pemahaman materi. Selain itu, fenomena lain ditemukan guru kurang mampu menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif di dalam kelas. Kondisi kelas erat kaitannya dengan penggunaan metode mengajar dalam menyajikan materi. Jika dalam penyajian materi tidak menarik perhatian maka siswa mencuri sendiri hal-hal yang menyenangkan baginya, misalnya mereka bicara sendiri, melihat keluar kelas atau kelas menjadi gaduh ketika guru menyampaikan materi, sehingga ketuntasan belajar mencapai 47% atau 15 siswa yang tuntas. Ketuntasan belajar tersebut masih dibawah nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75% maka perlu adanya penggunaan metode yang inovatif. Oleh karena itu guru harus pandai-pandai menggunakan metode pembelajaran saat mengajar. Berdasarkan uraian latar belakang, masalah penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: Bagaimanakah penerapan media pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VI  semester 1 Di SD Negeri 1 Tribungan  tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTK dengan berkolaborasi dengan guru yang ditetapkan 2 siklus. Dalam PTK ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan strategi pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dapat meningkatkan ketuntasan belajar 75% pada siklus 1 dan meningkat 19% pada siklus 2 menjadi 94% mata pelajaran IPS kelas VI  semester 1 SD Negeri 1 Tribungan  Tahun Pelajaran 2019/2020.

Abstract

Peneliti pada saat observasi kelas VI  yang masih kurang mampu memahami materi dengan cepat disebabkan siswa kurang mampu untuk membaca cepat sehingga menghalangi untuk pemahaman materi. Selain itu, fenomena lain ditemukan guru kurang mampu menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif di dalam kelas. Kondisi kelas erat kaitannya dengan penggunaan metode mengajar dalam menyajikan materi. Jika dalam penyajian materi tidak menarik perhatian maka siswa mencuri sendiri hal-hal yang menyenangkan baginya, misalnya mereka bicara sendiri, melihat keluar kelas atau kelas menjadi gaduh ketika guru menyampaikan materi, sehingga ketuntasan belajar mencapai 47% atau 15 siswa yang tuntas. Ketuntasan belajar tersebut masih dibawah nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75% maka perlu adanya penggunaan metode yang inovatif. Oleh karena itu guru harus pandai-pandai menggunakan metode pembelajaran saat mengajar. Berdasarkan uraian latar belakang, masalah penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: Bagaimanakah penerapan media pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VI  semester 1 Di SD Negeri 1 Tribungan  tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTK dengan berkolaborasi dengan guru yang ditetapkan 2 siklus. Dalam PTK ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan strategi pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dapat meningkatkan ketuntasan belajar 75% pada siklus 1 dan meningkat 19% pada siklus 2 menjadi 94% mata pelajaran IPS kelas VI  semester 1 SD Negeri 1 Tribungan  Tahun Pelajaran 2019/2020.

Published
2022-02-14
How to Cite
ASMIYATUN, asmiyatun. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SEMESTER I KELAS VI DI SD NEGERI 1 TRIBUNGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 26-41, feb. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1544>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1544.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.