MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH AL-FIIL MELALUI METODE JIBRIL MATA PELAJARAN AGAMA KELAS V SEMESTER 1 SD NEGERI 2 TRIBUNGAN MLANDINGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • asmawi asmawi SD NEGERI 2 TRIBUNGAN

Abstract

Seperti kasus pada SD Negeri 2 Tribungan Mlandingan . Peneliti memperoleh hasil observasi peneliti bahwa kemampuan menghafal siswa masih rendah untuk surat juz amma di SD Negeri 2 Tribungan Mlandingan   disebabkan siswa menghafal satu surat namun jika ditanyakan atau diulang kembali siswa lupa maka perlu adanya metode yang mampu memberikan solusi masalah tersebut. Dari 10 siswa terdapat 50% atau 5 siswa yang kurang mampu membaca surah Al-fiil. Hasil belajar hanya diukur dari tes.. Racangan penelitian PTK. Desain penelitian dengan 4 tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisis data deskriptif kualititatif. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: penerapan Metode Jibril dalam meningkatkan kemampuan membaca surah Al-fiil mata pelajaran Agama kelas V Semester 1 SD Negeri 2 Tribungan Mlandingan   tahun pelajaran 2019/2020 dan penerapan Metode Jibril dapat meningkatkan kemampuan membaca surah Al-fiil sebesar 22% mata pelajaran Agama kelas V Semester 1 SD Negeri 2 Tribungan Mlandingan   tahun pelajaran 2019/2020.

Abstract

Seperti kasus pada SD Negeri 2 Tribungan Mlandingan . Peneliti memperoleh hasil observasi peneliti bahwa kemampuan menghafal siswa masih rendah untuk surat juz amma di SD Negeri 2 Tribungan Mlandingan   disebabkan siswa menghafal satu surat namun jika ditanyakan atau diulang kembali siswa lupa maka perlu adanya metode yang mampu memberikan solusi masalah tersebut. Dari 10 siswa terdapat 50% atau 5 siswa yang kurang mampu membaca surah Al-fiil. Hasil belajar hanya diukur dari tes.. Racangan penelitian PTK. Desain penelitian dengan 4 tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisis data deskriptif kualititatif. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: penerapan Metode Jibril dalam meningkatkan kemampuan membaca surah Al-fiil mata pelajaran Agama kelas V Semester 1 SD Negeri 2 Tribungan Mlandingan   tahun pelajaran 2019/2020 dan penerapan Metode Jibril dapat meningkatkan kemampuan membaca surah Al-fiil sebesar 22% mata pelajaran Agama kelas V Semester 1 SD Negeri 2 Tribungan Mlandingan   tahun pelajaran 2019/2020.

Published
2022-02-21
How to Cite
ASMAWI, asmawi. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH AL-FIIL MELALUI METODE JIBRIL MATA PELAJARAN AGAMA KELAS V SEMESTER 1 SD NEGERI 2 TRIBUNGAN MLANDINGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 12-25, feb. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1543>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1543.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.