PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KERAJINAN DARI BAHAN LIMBAH MELALUI STRATEGI KOOPERATIF MODEL RESITASI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • amanah surti sudewi SMP Negeri 2 Situbondo

Abstract

Minimnya nilai ulangan harian   prakarya di SMP Negeri 2 Situbondo disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain : (1) sebagian besar guru belum terampil menentukan dan menggunakan strategi pembelajaran yang kooperatif; (2) sebagian besar siswa mementingkan perolehan prestasi yang tinggi, tanpa didasari pemahaman konsep yang benar; (3) siswa sering dihadapkan pada soal pilihan ganda dalam soal-soal ulangan, sehingga mengabaikan konsep yang selama ini mereka pelajari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus. Kegiatan yang harus dilakukan pada masing-masing siklus adalah tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (acting), tahap observasi (observing), dan tahap refleksi (reflecting).  Masing-masing tahap akan dibagi lagi dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh peneliti/guru. Prosedur penelitiannya dirancang dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari kegioatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan ada dua macam: (1) Untuk data kuantitatif teknik analisis data yang digunakan adalah persentase (%); dan (2) Untuk  data kualitatif teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis membandingkan, yaitu dengan membandingkan  antara kondisi harapan dan kenyataan Berdasarkan rumusan masalah dan pembahasan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan  mengenal kerajinan dari bahan limbah melalui strategi kooperatif model resitasipada siswa kelas  VIII C  SMP Negeri 2 Situbondo tahun pelajaran  2019/2020  persentase keberhasilannya mencapai  93,94%; dan (2) Penerapan strategi kooperatif model resitasi dapat meningkatakn aktivitas belajar siswa kelas  VIII C  SMP Negeri 2 Situbondo tahun pelajaran  2019/2020  dalam  mengenal kerajinan dari bahan limbah.

Abstract

Minimnya nilai ulangan harian   prakarya di SMP Negeri 2 Situbondo disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain : (1) sebagian besar guru belum terampil menentukan dan menggunakan strategi pembelajaran yang kooperatif; (2) sebagian besar siswa mementingkan perolehan prestasi yang tinggi, tanpa didasari pemahaman konsep yang benar; (3) siswa sering dihadapkan pada soal pilihan ganda dalam soal-soal ulangan, sehingga mengabaikan konsep yang selama ini mereka pelajari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus. Kegiatan yang harus dilakukan pada masing-masing siklus adalah tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (acting), tahap observasi (observing), dan tahap refleksi (reflecting).  Masing-masing tahap akan dibagi lagi dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh peneliti/guru. Prosedur penelitiannya dirancang dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari kegioatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan ada dua macam: (1) Untuk data kuantitatif teknik analisis data yang digunakan adalah persentase (%); dan (2) Untuk  data kualitatif teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis membandingkan, yaitu dengan membandingkan  antara kondisi harapan dan kenyataan Berdasarkan rumusan masalah dan pembahasan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan  mengenal kerajinan dari bahan limbah melalui strategi kooperatif model resitasipada siswa kelas  VIII C  SMP Negeri 2 Situbondo tahun pelajaran  2019/2020  persentase keberhasilannya mencapai  93,94%; dan (2) Penerapan strategi kooperatif model resitasi dapat meningkatakn aktivitas belajar siswa kelas  VIII C  SMP Negeri 2 Situbondo tahun pelajaran  2019/2020  dalam  mengenal kerajinan dari bahan limbah.

Published
2022-02-07
How to Cite
SUDEWI, amanah surti. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KERAJINAN DARI BAHAN LIMBAH MELALUI STRATEGI KOOPERATIF MODEL RESITASI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-11, feb. 2022. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1542>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1542.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.