MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING ATAS MELALUI PERMAINAN VOLSAL DALAM PERMAINAN BOLAVOLI SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 5 SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • trubus sujiono smp negeri 5 situbondo

Abstract

Meningkatkan Kemampuan Passing Atas melalui permainan Volsal dalam Permainan Bolavoli Siswa Kelas VIII-A SMP  Negeri 5 Situbondo Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2019/2020.Berdasarkan pengamatan penulis pada saat pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VII di SMP  Negeri 5 Situbondo, siswa-siswa sangat menyukai materi pendidikan jasmani dalam bentuk permainan terutama permainan bolavoli, meskipun masih banyak siswa yang belum mampu melakukan passing atas dengan benar. Untuk lebih memahami kemampuan siswa dalam melakukan passing atas dalam permainan bolavoli, maka penulis mengambil kelas sample di kelas VIII-A SMP  Negeri 5 Situbondo. Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat diuraiakan bahwa Apakah ada Peningkatan passing atas melalui permainan volsal dalam permainan bolavoli siswa kelas VIII-A SMP  Negeri 5 Situbondo Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2019/2020?. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat diuraikan suatu tujuan masalah sebagai berikut: untuk meningkatkan passing atas melalui permainan volsal dalam permainan bolavoli siswa kelas VIII-A SMP  Negeri 5 Situbondo Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTK dengan berkolaborasi dengan guru yang dilakukan 2 siklus. Dalam PTK ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian Meningkatkan Kemampuan Passing Atas sebesar 67% siklus I menjadi 92% siklus II melalui permainan Volsal dalam Permainan Bolavoli Siswa Kelas VIII-A SMP  Negeri 5 Situbondo Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2019/2020.

Abstract

Meningkatkan Kemampuan Passing Atas melalui permainan Volsal dalam Permainan Bolavoli Siswa Kelas VIII-A SMP  Negeri 5 Situbondo Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2019/2020.Berdasarkan pengamatan penulis pada saat pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VII di SMP  Negeri 5 Situbondo, siswa-siswa sangat menyukai materi pendidikan jasmani dalam bentuk permainan terutama permainan bolavoli, meskipun masih banyak siswa yang belum mampu melakukan passing atas dengan benar. Untuk lebih memahami kemampuan siswa dalam melakukan passing atas dalam permainan bolavoli, maka penulis mengambil kelas sample di kelas VIII-A SMP  Negeri 5 Situbondo. Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat diuraiakan bahwa Apakah ada Peningkatan passing atas melalui permainan volsal dalam permainan bolavoli siswa kelas VIII-A SMP  Negeri 5 Situbondo Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2019/2020?. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat diuraikan suatu tujuan masalah sebagai berikut: untuk meningkatkan passing atas melalui permainan volsal dalam permainan bolavoli siswa kelas VIII-A SMP  Negeri 5 Situbondo Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTK dengan berkolaborasi dengan guru yang dilakukan 2 siklus. Dalam PTK ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian Meningkatkan Kemampuan Passing Atas sebesar 67% siklus I menjadi 92% siklus II melalui permainan Volsal dalam Permainan Bolavoli Siswa Kelas VIII-A SMP  Negeri 5 Situbondo Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2019/2020.

Published
2021-07-14
How to Cite
SUJIONO, trubus. MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING ATAS MELALUI PERMAINAN VOLSAL DALAM PERMAINAN BOLAVOLI SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 5 SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 293-307, july 2021. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1301>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1301.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.