UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI 3 SUMBERARGO SUMBERMALANG TAHUN 2020

  • ardoyo ardoyo sdn negeri 3 sumberargo

Abstract

Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 di SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang tahun 2020. Pembelajaran Daring bertujuan memberikan layanan pembelajaran bermutu secara dalam jaringan (daring) yang bersifat masif dan terbuka untuk menjangkau audiens yang lebih banyak dan lebih luas. Perlu disadari bahwa ketidaksiapan guru dan siswa terhadap pembelajaran daring juga menjadi masalah. Perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring amat mendadak, tanpa persiapan yang matang. Tetapi semua ini harus tetap dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan siswa aktif mengikuti walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19. proses pembelajaran daring ini. Menyikapi dari intruksi dan arahan pemerintah, SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang siap menjalankan pembelajaran Daring di sekolah guna untuk memutus rantai Covid 19. Beberapa guru di SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang mengaku, jika pembelajaran daring ini tidak begitu efektif daripada kegiatan pembelajaran konvensional (tatap muka langsung). Berdasarkan uraian latar belakang, masalah penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: Bagaimanakah penerapan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 di SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang tahun 2020? dan Bagaimanakah upaya peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan pembelajaran daring masa pandemi covid 19 di SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang tahun 2020? Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTS dengan berkolaborasi dengan guru yang ditetapkan 2 siklus. Dalam PTS ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut:  Dengan adanya penerapan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 di SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang tahun 2020 dapat efektif dan Adanya upaya peningkatan kompetensi guru mencapai 30% dari 65% siklus I menjadi 95% siklus II dalam menerapkan pembelajaran daring masa pandemi covid 19 di SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang tahun 2020.

Abstract

Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 di SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang tahun 2020. Pembelajaran Daring bertujuan memberikan layanan pembelajaran bermutu secara dalam jaringan (daring) yang bersifat masif dan terbuka untuk menjangkau audiens yang lebih banyak dan lebih luas. Perlu disadari bahwa ketidaksiapan guru dan siswa terhadap pembelajaran daring juga menjadi masalah. Perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring amat mendadak, tanpa persiapan yang matang. Tetapi semua ini harus tetap dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan siswa aktif mengikuti walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19. proses pembelajaran daring ini. Menyikapi dari intruksi dan arahan pemerintah, SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang siap menjalankan pembelajaran Daring di sekolah guna untuk memutus rantai Covid 19. Beberapa guru di SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang mengaku, jika pembelajaran daring ini tidak begitu efektif daripada kegiatan pembelajaran konvensional (tatap muka langsung). Berdasarkan uraian latar belakang, masalah penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: Bagaimanakah penerapan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 di SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang tahun 2020? dan Bagaimanakah upaya peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan pembelajaran daring masa pandemi covid 19 di SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang tahun 2020? Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTS dengan berkolaborasi dengan guru yang ditetapkan 2 siklus. Dalam PTS ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut:  Dengan adanya penerapan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 di SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang tahun 2020 dapat efektif dan Adanya upaya peningkatan kompetensi guru mencapai 30% dari 65% siklus I menjadi 95% siklus II dalam menerapkan pembelajaran daring masa pandemi covid 19 di SD Negeri 3 Sumberargo Sumbermalang tahun 2020.

Published
2021-07-13
How to Cite
ARDOYO, ardoyo. UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI 3 SUMBERARGO SUMBERMALANG TAHUN 2020. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 255-274, july 2021. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1208>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1208.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.