PENGEMBANGAN MODUL BERGAMBAR PADA TEMA 8 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS II PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD N 107 NGAOL I KABUPATEN MERANGIN

  • defa gustia safitri universitas dharmas indonesia
  • Dian Estu Prasetyo universitas dharmas indonesia
  • Riyadi Saputra universitas dharmas indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangya keterampilan membaca peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia, sehingga diperlukan modul bergambar, ini membantu peserta didik agar dapat membaca dengan mudah mempelajari, tertarik untuk membaca ini dengan desain yang menarik dan bergambar, tujuannya yaitu modul bergambar ini valid, praktis dan efektif.  Pengembangan modul bergambar menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, analisis (analyze), Perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Kelima tahapan dilakukan memulai analisis materi, analisis peserta didik, analisis kebutuhan. Kemudian uji validasi olen 3 orang validator ( tim ahli ) mengatakan  valid dan pratis delanjutnya dilakukan uji efektifitas dengan melakukan tes soal oleh peserta didik di SD N 107 Ngaol I Kabupaten Merangin Hasil penelitian pengembangan modul bergambar ini uji oleh tiga validator memperoleh nilai dengan rata – rata  84,72% dengan dikategori sangat valid, Nilai pratikalitas guru memperoleh nilai rata- rata 96% dan nilai Pratikalitas Peserta didik memperoleh nilai rata – rata 94,42% dengan kategori sangat praktis dan nilai efektifitas memperoleh nilai rata – rata 92,85% dengan kategori sangat. Dapat disimpulkan bahwa modul bergambar ini pembelajaran bahasa Indonesia dengan hasil memenuhi kategori valid, pratis dan efektifitas. Dapat memudahkan peserta didik dan pendidik memcapai tujuan pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangya keterampilan membaca peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia, sehingga diperlukan modul bergambar, ini membantu peserta didik agar dapat membaca dengan mudah mempelajari, tertarik untuk membaca ini dengan desain yang menarik dan bergambar, tujuannya yaitu modul bergambar ini valid, praktis dan efektif.  Pengembangan modul bergambar menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, analisis (analyze), Perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Kelima tahapan dilakukan memulai analisis materi, analisis peserta didik, analisis kebutuhan. Kemudian uji validasi olen 3 orang validator ( tim ahli ) mengatakan  valid dan pratis delanjutnya dilakukan uji efektifitas dengan melakukan tes soal oleh peserta didik di SD N 107 Ngaol I Kabupaten Merangin Hasil penelitian pengembangan modul bergambar ini uji oleh tiga validator memperoleh nilai dengan rata – rata  84,72% dengan dikategori sangat valid, Nilai pratikalitas guru memperoleh nilai rata- rata 96% dan nilai Pratikalitas Peserta didik memperoleh nilai rata – rata 94,42% dengan kategori sangat praktis dan nilai efektifitas memperoleh nilai rata – rata 92,85% dengan kategori sangat. Dapat disimpulkan bahwa modul bergambar ini pembelajaran bahasa Indonesia dengan hasil memenuhi kategori valid, pratis dan efektifitas. Dapat memudahkan peserta didik dan pendidik memcapai tujuan pembelajaran.

Published
2021-07-07
How to Cite
SAFITRI, defa gustia; PRASETYO, Dian Estu; SAPUTRA, Riyadi. PENGEMBANGAN MODUL BERGAMBAR PADA TEMA 8 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS II PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD N 107 NGAOL I KABUPATEN MERANGIN. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 244-254, july 2021. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1202>. Date accessed: 07 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1202.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.