PENGEMBANGAN MODEL IPA BERBASIS MODEL RESEARCH BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN FOUR CS PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI SEKOLAH DASAR 210 TANJUNG DANI

  • riski dewi salita universitas dharmas indonesia
  • Estuhono Estuhono universitas dharmas indonesia
  • Moh Rosyid Mahmudi universitas dharmas indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan pengembangan ini menghasilkan produk dalam bidang pendidikan yaitu pengembangan Modul IPA  Berbasis Model Research Based Learning Untuk Mengembangkan Ketermpilan Four Cs. Tema Sahabat Lingkungan Kita Di Sekolah Dasar di kelas V. Meningkatkan semangat, fokus dan minat peserta didik dalam proses pembelajaran adalah bagian dari tujuan tersebut. Hasil penelitian menghasilkan bahan ajar modul IPA berbasis RBL untuk mengembangkan Four Cs. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian Research and Deveploment (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk baru dari hasil pengembangan. Metode pengembangan ini menggunakan metode Penelitian model 4D( Four D) yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap Pendefenisian (Difine), Perancangan (Design,) Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Berdasarkan hasil validasi oleh validator di peroleh persentase sebanyak 84,73%, hasil praktikalitas oleh praktisi pendidik dan peserta didik diperoleh presentase sebanyak 84,99% dan hasil efektifitas diperoleh presentase sebanyak 96%. Modul IPA yang dikembangkan mengahasilkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Modul IPA layak untuk digunakan di dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semangat, fokus, dan minat peserta didik dapat meningkat dan dapat mempengaruhi hasil belajar yang efektif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan pengembangan ini menghasilkan produk dalam bidang pendidikan yaitu pengembangan Modul IPA  Berbasis Model Research Based Learning Untuk Mengembangkan Ketermpilan Four Cs. Tema Sahabat Lingkungan Kita Di Sekolah Dasar di kelas V. Meningkatkan semangat, fokus dan minat peserta didik dalam proses pembelajaran adalah bagian dari tujuan tersebut. Hasil penelitian menghasilkan bahan ajar modul IPA berbasis RBL untuk mengembangkan Four Cs. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian Research and Deveploment (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk baru dari hasil pengembangan. Metode pengembangan ini menggunakan metode Penelitian model 4D( Four D) yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap Pendefenisian (Difine), Perancangan (Design,) Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Berdasarkan hasil validasi oleh validator di peroleh persentase sebanyak 84,73%, hasil praktikalitas oleh praktisi pendidik dan peserta didik diperoleh presentase sebanyak 84,99% dan hasil efektifitas diperoleh presentase sebanyak 96%. Modul IPA yang dikembangkan mengahasilkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Modul IPA layak untuk digunakan di dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semangat, fokus, dan minat peserta didik dapat meningkat dan dapat mempengaruhi hasil belajar yang efektif.

Published
2021-07-20
How to Cite
SALITA, riski dewi; ESTUHONO, Estuhono; MAHMUDI, Moh Rosyid. PENGEMBANGAN MODEL IPA BERBASIS MODEL RESEARCH BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN FOUR CS PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI SEKOLAH DASAR 210 TANJUNG DANI. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 232-243, july 2021. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1201>. Date accessed: 07 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1201.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.