PENGEMBANGAN MODEL IPA BERBASIS MODEL RESEARCH BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN FOUR CS PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI SEKOLAH DASAR 210 TANJUNG DANI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan pengembangan ini menghasilkan produk dalam bidang pendidikan yaitu pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning Untuk Mengembangkan Ketermpilan Four Cs. Tema Sahabat Lingkungan Kita Di Sekolah Dasar di kelas V. Meningkatkan semangat, fokus dan minat peserta didik dalam proses pembelajaran adalah bagian dari tujuan tersebut. Hasil penelitian menghasilkan bahan ajar modul IPA berbasis RBL untuk mengembangkan Four Cs. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian Research and Deveploment (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk baru dari hasil pengembangan. Metode pengembangan ini menggunakan metode Penelitian model 4D( Four D) yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap Pendefenisian (Difine), Perancangan (Design,) Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Berdasarkan hasil validasi oleh validator di peroleh persentase sebanyak 84,73%, hasil praktikalitas oleh praktisi pendidik dan peserta didik diperoleh presentase sebanyak 84,99% dan hasil efektifitas diperoleh presentase sebanyak 96%. Modul IPA yang dikembangkan mengahasilkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Modul IPA layak untuk digunakan di dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semangat, fokus, dan minat peserta didik dapat meningkat dan dapat mempengaruhi hasil belajar yang efektif.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan pengembangan ini menghasilkan produk dalam bidang pendidikan yaitu pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning Untuk Mengembangkan Ketermpilan Four Cs. Tema Sahabat Lingkungan Kita Di Sekolah Dasar di kelas V. Meningkatkan semangat, fokus dan minat peserta didik dalam proses pembelajaran adalah bagian dari tujuan tersebut. Hasil penelitian menghasilkan bahan ajar modul IPA berbasis RBL untuk mengembangkan Four Cs. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian Research and Deveploment (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk baru dari hasil pengembangan. Metode pengembangan ini menggunakan metode Penelitian model 4D( Four D) yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap Pendefenisian (Difine), Perancangan (Design,) Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Berdasarkan hasil validasi oleh validator di peroleh persentase sebanyak 84,73%, hasil praktikalitas oleh praktisi pendidik dan peserta didik diperoleh presentase sebanyak 84,99% dan hasil efektifitas diperoleh presentase sebanyak 96%. Modul IPA yang dikembangkan mengahasilkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Modul IPA layak untuk digunakan di dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semangat, fokus, dan minat peserta didik dapat meningkat dan dapat mempengaruhi hasil belajar yang efektif.