PENGARUH PENERAPAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTO BARU DHARMASRAYA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik mengalami kesulitan dalam berhitung perkalian, hal ini karena peserta didik mengalami kesulitan dalam menghafal perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siwa Kelas III SDN 15 Koto Baru, Dharmasraya.Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Design Pretest-postest one group, dengan pendekatan kuantititatif. Subjek penelitan ini adalah siswa III SDN 15 Koto Baru, Dharmasraya. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik pretest-postest yang terdiri dari 20 pesrta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan pre-test dan post-test. Alat pengumpul data berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal pre-test maupun post-test Melalui uji validasi,uji reabilitas. Data dianalisa menggunakan uji Normalitas, dan Uji Hipotesis/t-test yang diolah menggunakan SPSS 20. Berdasarkan deskripsi data hasil penelitian data hasil analisis pretest dan postest, dengan menggunakan uji Paired Sample tes menunjukkan nilai signifikasi 0,000 ˂ 0,05 maka hasil uji Paired sample tes dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan diterimanya Ha pada pengujian hipotesis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menguji kebenaran hipotesis yaitu terhadap peningkatan kemampuan dalam perkalian anatara sebelum dan sesudah diterapkannya metode jarimatika pada kelas III SDN 15 Koto Baru.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik mengalami kesulitan dalam berhitung perkalian, hal ini karena peserta didik mengalami kesulitan dalam menghafal perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siwa Kelas III SDN 15 Koto Baru, Dharmasraya.Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Design Pretest-postest one group, dengan pendekatan kuantititatif. Subjek penelitan ini adalah siswa III SDN 15 Koto Baru, Dharmasraya. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik pretest-postest yang terdiri dari 20 pesrta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan pre-test dan post-test. Alat pengumpul data berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal pre-test maupun post-test Melalui uji validasi,uji reabilitas. Data dianalisa menggunakan uji Normalitas, dan Uji Hipotesis/t-test yang diolah menggunakan SPSS 20. Berdasarkan deskripsi data hasil penelitian data hasil analisis pretest dan postest, dengan menggunakan uji Paired Sample tes menunjukkan nilai signifikasi 0,000 ˂ 0,05 maka hasil uji Paired sample tes dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan diterimanya Ha pada pengujian hipotesis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menguji kebenaran hipotesis yaitu terhadap peningkatan kemampuan dalam perkalian anatara sebelum dan sesudah diterapkannya metode jarimatika pada kelas III SDN 15 Koto Baru.