PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • rini rini universitas dharmas indonesia
  • Rauldatul Husni universitas dharmas indonesia
  • Gingga Prananda universitas dharmas indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan peneliti yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn pada siswa kelas III SDN 30/II Tanjung. Proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu hasil belajar siswa banyak yang di bawah KKM. Untuk itu, peneliti melakukan suatu penelitian menggunakan model Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model  Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SDN 30/ II Tanjung. Waktu dilaksanakannya penelitian ini pada semester II Tahun Pelajaran 2020/2021, disesuaikan pada jadwal pembelajaran tematik muatan PPKn kelas  SDN 30/ II Tanjung. Sampel pada penelitian ini berjumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil uji paired samples t test diperoleh signifikasi 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas III sekolah dasar. Berdasarkan penelitian, bahwa model Numbered Head Together (NHT).  memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar PPKn. Numbered Head Together (NHT) dapat digunakan guru untuk mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata siswa, menjadikan siswa aktif serta model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan peneliti yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn pada siswa kelas III SDN 30/II Tanjung. Proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu hasil belajar siswa banyak yang di bawah KKM. Untuk itu, peneliti melakukan suatu penelitian menggunakan model Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model  Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SDN 30/ II Tanjung. Waktu dilaksanakannya penelitian ini pada semester II Tahun Pelajaran 2020/2021, disesuaikan pada jadwal pembelajaran tematik muatan PPKn kelas  SDN 30/ II Tanjung. Sampel pada penelitian ini berjumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil uji paired samples t test diperoleh signifikasi 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas III sekolah dasar. Berdasarkan penelitian, bahwa model Numbered Head Together (NHT).  memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar PPKn. Numbered Head Together (NHT) dapat digunakan guru untuk mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata siswa, menjadikan siswa aktif serta model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2021-10-17
How to Cite
RINI, rini; HUSNI, Rauldatul; PRANANDA, Gingga. PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 182-192, oct. 2021. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1181>. Date accessed: 02 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1181.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.