PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS I SD NEGERI 01 PADANG LAWEH KABUPATEN DHARMASRAYA
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan di kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh, Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan menggunakan jenis Pre- Experimental Design. Rancangan bentuk desain Pre- Experimental yang digunakan yaitu one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pre-test dan post-test) yaitu dengan tes soal yang bersifat tes soal uraian untuk mengukur keterampilan membaca permulaan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis melalui t dengan taraf nyata 0,05.Hasil analisis data menunjukkan bahwa signifikan 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh penerapan metode metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan di kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh, Kabupaten Dharmasraya.
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan di kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh, Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan menggunakan jenis Pre- Experimental Design. Rancangan bentuk desain Pre- Experimental yang digunakan yaitu one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pre-test dan post-test) yaitu dengan tes soal yang bersifat tes soal uraian untuk mengukur keterampilan membaca permulaan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis melalui t dengan taraf nyata 0,05.Hasil analisis data menunjukkan bahwa signifikan 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh penerapan metode metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan di kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh, Kabupaten Dharmasraya.