ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 04 SITIUNG

  • wiwik andeka universitas dharmas indonesia
  • Yulia Darniyanti universitas dharmas indonesia
  • Agus Saputra universitas dharmas indonesia

Abstract

Masalah yang ditemui pada saat kegiatan pembelajaran di sekolah pada motivasi belajar siswa adalah banyaknya peserta didik yang mengobrol dan bercanda dengan temannya serta ada rasa kebosanan siswa terhadap pembelajaran dikelas. Hal ini dapat terlihat dari perhatian siswa pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran, partisipasi siswa dalam pembelajaran masih rendah, masih jarang siswa yang bertanya pada saat pembelajaran berlangsung, ketika guru meminta siswa untuk mengerjakan soal yang diberikan, siswa tidak mengerjakannya untuk mencari penyelesaian dari soal tersebut melainkan bercanda dengan temannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran  kelas IV SDN 04 Sitiung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif data di dapatkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan siswa yang kurang baik dalam pelajaran disebabkan oleh kurang motivasi belajar dalam proses pembelajaran  yang berdampak pada nilai yang akan diraih oleh siswa. Siswa sulit menyerap materi pelajaran yang diberikan guru karena fasilitas yang kurang memadai. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang lebih interaktif.

Abstract

Masalah yang ditemui pada saat kegiatan pembelajaran di sekolah pada motivasi belajar siswa adalah banyaknya peserta didik yang mengobrol dan bercanda dengan temannya serta ada rasa kebosanan siswa terhadap pembelajaran dikelas. Hal ini dapat terlihat dari perhatian siswa pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran, partisipasi siswa dalam pembelajaran masih rendah, masih jarang siswa yang bertanya pada saat pembelajaran berlangsung, ketika guru meminta siswa untuk mengerjakan soal yang diberikan, siswa tidak mengerjakannya untuk mencari penyelesaian dari soal tersebut melainkan bercanda dengan temannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran  kelas IV SDN 04 Sitiung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif data di dapatkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan siswa yang kurang baik dalam pelajaran disebabkan oleh kurang motivasi belajar dalam proses pembelajaran  yang berdampak pada nilai yang akan diraih oleh siswa. Siswa sulit menyerap materi pelajaran yang diberikan guru karena fasilitas yang kurang memadai. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang lebih interaktif.

Published
2021-10-18
How to Cite
ANDEKA, wiwik; DARNIYANTI, Yulia; SAPUTRA, Agus. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 04 SITIUNG. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 193-205, oct. 2021. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1179>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1179.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.