PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV DI SDN 221/II TALANG PAMESUN
Abstract
Berdasarkan latar belakang peneliti, banyak sekali ditemukannya siswa yang pasif saat proses pembelajaran, interaksi antar siswa yang kurang saat belajar, jarang adanya diskusi kelompok saat belajar, siswa kurang bertanggung jawab mengerjakan tugasnya, dan rendahnya hasil belajar siswa PPKn di kelas IV. Upaya mengatasi permasalah tersebut, diperlukan model pembelajaran yang inovatif dan menarik yaitu Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa muatan pembelajaran PPKn kelas IV di SDN 221/II Talang Pamesun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan metode penelitiannya yaitu Ekperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk One group pretest posttest design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 221/II Talang Pamesun. Hasil penelitian eksperimen ini datanya diolah dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil dari uji normalitas yaitu data pretest yaitu 0,550>0,05 dan signifikansi yang diperoleh dari data posttest yaitu 0,264>0,05. Artinya data pretest dan posttest siswa kelas IV SDN 221/II Talang Pamesun adalah berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji hipotesis yaitu 0,000<0,05 artinya ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa muatan pembelajaran PPKn kelas IV di SDN 221/II Talang Pamesun.
Abstract
Berdasarkan latar belakang peneliti, banyak sekali ditemukannya siswa yang pasif saat proses pembelajaran, interaksi antar siswa yang kurang saat belajar, jarang adanya diskusi kelompok saat belajar, siswa kurang bertanggung jawab mengerjakan tugasnya, dan rendahnya hasil belajar siswa PPKn di kelas IV. Upaya mengatasi permasalah tersebut, diperlukan model pembelajaran yang inovatif dan menarik yaitu Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa muatan pembelajaran PPKn kelas IV di SDN 221/II Talang Pamesun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan metode penelitiannya yaitu Ekperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk One group pretest posttest design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 221/II Talang Pamesun. Hasil penelitian eksperimen ini datanya diolah dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil dari uji normalitas yaitu data pretest yaitu 0,550>0,05 dan signifikansi yang diperoleh dari data posttest yaitu 0,264>0,05. Artinya data pretest dan posttest siswa kelas IV SDN 221/II Talang Pamesun adalah berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji hipotesis yaitu 0,000<0,05 artinya ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa muatan pembelajaran PPKn kelas IV di SDN 221/II Talang Pamesun.