PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV DI SDN 221/II TALANG PAMESUN

  • isti wulandari universitas dharmas indonesia
  • Ana Novitasari universitas dharmas indonesia
  • Deded Pratama universitas dharmas indonesia

Abstract

Berdasarkan latar belakang peneliti, banyak sekali ditemukannya siswa yang pasif saat proses pembelajaran, interaksi antar siswa yang kurang saat belajar, jarang adanya diskusi kelompok saat belajar, siswa kurang bertanggung jawab mengerjakan tugasnya, dan rendahnya hasil belajar siswa PPKn di kelas IV. Upaya mengatasi permasalah tersebut, diperlukan model pembelajaran yang inovatif dan menarik yaitu Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa muatan pembelajaran PPKn kelas IV di SDN 221/II Talang Pamesun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan metode penelitiannya yaitu Ekperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk One group pretest posttest design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 221/II Talang Pamesun. Hasil penelitian eksperimen ini  datanya diolah dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil dari uji normalitas yaitu data pretest yaitu 0,550>0,05 dan signifikansi yang diperoleh dari data posttest yaitu 0,264>0,05. Artinya data pretest dan posttest siswa kelas IV SDN 221/II Talang Pamesun adalah berdistribusi normal.  Sedangkan hasil uji hipotesis yaitu 0,000<0,05 artinya  ditolak dan   diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa muatan pembelajaran PPKn kelas IV di SDN 221/II Talang Pamesun.

Abstract

Berdasarkan latar belakang peneliti, banyak sekali ditemukannya siswa yang pasif saat proses pembelajaran, interaksi antar siswa yang kurang saat belajar, jarang adanya diskusi kelompok saat belajar, siswa kurang bertanggung jawab mengerjakan tugasnya, dan rendahnya hasil belajar siswa PPKn di kelas IV. Upaya mengatasi permasalah tersebut, diperlukan model pembelajaran yang inovatif dan menarik yaitu Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa muatan pembelajaran PPKn kelas IV di SDN 221/II Talang Pamesun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan metode penelitiannya yaitu Ekperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk One group pretest posttest design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 221/II Talang Pamesun. Hasil penelitian eksperimen ini  datanya diolah dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil dari uji normalitas yaitu data pretest yaitu 0,550>0,05 dan signifikansi yang diperoleh dari data posttest yaitu 0,264>0,05. Artinya data pretest dan posttest siswa kelas IV SDN 221/II Talang Pamesun adalah berdistribusi normal.  Sedangkan hasil uji hipotesis yaitu 0,000<0,05 artinya  ditolak dan   diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa muatan pembelajaran PPKn kelas IV di SDN 221/II Talang Pamesun.

Published
2021-07-08
How to Cite
WULANDARI, isti; NOVITASARI, Ana; PRATAMA, Deded. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV DI SDN 221/II TALANG PAMESUN. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 162-170, july 2021. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1174>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1174.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.