STRATEGI GURU KELAS IV C SD NEGERI 102/II SUNGAI KERJAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK PADA MASA BELAJAR JARAK JAUH DI ERA COVID-19

  • Bunga Andini universitas dharmas indonesia
  • Rauldatul Husni universitas dharmas indonesia
  • Alchonity Harika Fitri universitas dharmas indonesia

Abstract

Strategi guru dilakukan untuk tercapainya suatu proses pembelajaran yang telah di rencanakan. Minat baca pada peserta didik tidak bisa tumbuh dengan sendirinya, akan tetapi membutuhkan peranan orang lain dalam menumbuhkan minat baca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adakah strategi guru kelas IV C SD Negeri 102/II Sungai Kerjan dalam menumbuhkan minat baca peserta didik pada masa belajar jarak jauh di era covid-19. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis berupa kata-kata seseorang, tulisan, atau lisan tentang perilaku seseorang yang dapat diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai guru wali kelas IV C. Teknik pengumpulan data penelitian dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru wali kelas IV C memiliki strategi dalam menumbuhkan minat baca peserta didik yaitu dengan cara memberi tugas membaca, memberi bahan bacaan yang menarik, memotivasi peserta didik, memberikan instruksi dengan jelas, memanfaatkan pojok baca, memberikan reward untuk menambah semangat peserta didik membaca dan bekerjasama dengan orang tua.

Abstract

Strategi guru dilakukan untuk tercapainya suatu proses pembelajaran yang telah di rencanakan. Minat baca pada peserta didik tidak bisa tumbuh dengan sendirinya, akan tetapi membutuhkan peranan orang lain dalam menumbuhkan minat baca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adakah strategi guru kelas IV C SD Negeri 102/II Sungai Kerjan dalam menumbuhkan minat baca peserta didik pada masa belajar jarak jauh di era covid-19. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis berupa kata-kata seseorang, tulisan, atau lisan tentang perilaku seseorang yang dapat diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai guru wali kelas IV C. Teknik pengumpulan data penelitian dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru wali kelas IV C memiliki strategi dalam menumbuhkan minat baca peserta didik yaitu dengan cara memberi tugas membaca, memberi bahan bacaan yang menarik, memotivasi peserta didik, memberikan instruksi dengan jelas, memanfaatkan pojok baca, memberikan reward untuk menambah semangat peserta didik membaca dan bekerjasama dengan orang tua.

Published
2021-07-30
How to Cite
ANDINI, Bunga; HUSNI, Rauldatul; FITRI, Alchonity Harika. STRATEGI GURU KELAS IV C SD NEGERI 102/II SUNGAI KERJAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK PADA MASA BELAJAR JARAK JAUH DI ERA COVID-19. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 140-147, july 2021. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1172>. Date accessed: 30 june 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1172.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.